Selasa, 23 Mei 2017 - 27 Sya'ban 1438 H

Bukittinggi Bersiap Menjadi Tujuan Wisata Belanja Terpopuler

Jam Gadang Kota Bukittinggi. (ANTARA FOTO/Ismar P)
Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan persiapan untuk menjadi pemenang daerah tujuan wisata terpopuler setelah Pasar Atas masuk nominasi sebagai objek wisata belanja terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat Erwin Umar di Bukittinggi, Kamis, mengatakan persiapan dilakukan bersama semua pelaku yang terlibat dalam pariwisata di kawasan Pasar Atas agar mendukung Pasar Atas Bukittinggi meraih penghargaan itu.

Ia mengatakan pelaku pasar berkewajiban memberikan suasana nyaman bagi pengunjung saat berbelanja dengan menerapkan Sapta Pesona yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan.

"Dari pemerintah, kami punya tugas mendatangkan wisatawan dalam dan luar negeri. Bagi pedagang, mereka harus mendukung dengan menerapkan Sapta Pesona," katanya.

Ia menerangkan selain Pasar Atas Bukittinggi, ada enam objek lain di Sumbar yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2017 pada kategori lain beberapa di antaranya Kawasan Wisata Mandeh di Pesisir Selatan, atraksi Tabuik di Pariaman dan Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan.

Salah seorang pedagang di Pasar Atas yang juga Ketua Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) setempat, Bos Martin mengatakan pedagang mendukung agar daerah itu menjadi tujuan wisata terpopuler.

"Ini tentu akan berimbas bagi kami. Selanjutnya bersama pemerintah kami para pedagang akan ikuti pelatihan pada 22 hingga 23 Mei 2017 termasuk bagi pramuwisata, kusir bendi dan pelaku wisata lain," katanya.

Ia menyebutkan Pasar Atas memiliki lima kelompok produk yang menjadi daya tarik yaitu bordiran, kuliner nasi kapau, batu akik, pakaian bekas dan kaos unik berbahasa Minang.

Selain itu posisinya yang strategis dikelilingi tiga objek wisata membuat Pasar Atas tidak pernah sepi pengunjung.

"Bila pagi hari wisatawan menghabiskan waktu ke objek wisata, siang hari mereka dapat menikmati makan siang di lokasi kuliner lalu membeli oleh-oleh sebelum pulang yang tersedia di kawasan Pasar Atas," katanya.

Pemungutan suara pemilihan wisata terpopuler mulai dilakukan pada 1 Juni hingga 31 Oktober 2017 melalui layanan pesan singkat atau website anugerahpesonaindonesia.com. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi dan Mario Sofia Nasution
         Marjuni tak kuasa menahan tangis ketika peti kayu  diselimuti kain berwarna merah putih ...
Baca Juga