Kapasitas Rutan Talu Pasaman Barat Over Kapasitas

id Rutan, Talu, Pasaman Barat, Sumbar

Kapasitas Rutan Talu Pasaman Barat Over Kapasitas

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso saat melakukan sidak ke Rutan Talu. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Kapasitas Rumah Tahanan Talu, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) sudah melebihi kapasitas daya tampung yang sebenarnya (over kapasitas).

Daya tampung 48 orang, sementara penghuni Rutan Talu saat ini sebanyak 130 orang. Dengan rincian tahanan 72 orang dan napi 58. Terdapat kelebihan kapasitas sebanyak 82 orang.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso didampingi Kasubag Humas, AKP Muzhendra saat inspeksi mendadak ke Rutan Talu mengatakan kapasitas Rutan sudah melebihi daya tampung.

Ia mengatakan sidak tersebut dalam rangka mengecek keadaan ruangan dan napi yang ada di Cabang Rutan Talu.

Dalam sidak itu, Kapolres juga memeriksa dan menggeledah ruangan para narapidana dalam mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang ke dalam Rutanbserta kemungkinan lain yang menjadi kerawanan di dalam lapas.

Berdasarkan data dari yang diperoleh dari petugas Rutan Talu bahwa kapasitas Rutan Talu sudah mengalami Over Kapasitas.

"Benar, Rutan Talu sudah over kapasitas dengan banyaknya tahanan sementara ruangan terbatas. Terpaksa para tahanan berdesak-desakan," kata Kepala Rutan Talu, Nofrizal.

Pihaknya mengharapkan ada pembangunan kantor Rutan baru sehingga para tahanan tidak berdesakan dan sempit.

"Mudah-mudahan ada solusinya untuk penambahan ruangan atau Rutan baru. Sehingga pembinaan dapat berjalan dengan optimal," harapnya.

Pada kesempatan itu Kapolres juga mengunjungi Polsek Talamau dalam rangka mempererat tali silaturrahmi anggota kepolisian dan masyarakat. (*)