Legislator: Pemprov Beri Pelatihan Pengurus Koperasi

id Koperasi, DPRD, Sumbar

Legislator:  Pemprov Beri Pelatihan Pengurus Koperasi

Koperasi.

Padang, (Antara Sumbar) - Kalangan DPRD Sumatera Barat (Sumbar) mendorong pemerintah provinsi memberi pelatihan kepada pengurus koperasi di wilayah itu sebagai salah satu upaya dalam mengangkat perekonomian masyarakat.

"Pelatihan tersebut bisa berupa penambahan ilmu akuntansi atau pelatihan lain sesuai kebutuhan," kata Anggota DPRD Sumbar, Endarmy di Padang, Rabu.

Menurutnya jika kepengurusan koperasi memiliki kualitas bagus maka akan berpengaruh pada pengelolaan yang lebih baik.

Koperasi, katanya juga merupakan salah satu unsur penting penggerak ekonomi kerakyatan yang dapat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan mengurangi pengangguran.

Ia mencontohkan beberapa waktu lalu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sumbar melakukan pelatihan akuntansi kepada 200 orang Pengurus dan Pengelola Koperasi se-Kota Pariaman.

Pelatihan tersebut dengan memanfaatkan dana pokok pikiran dirinya pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017 Sumbar sebesar Rp500 juta.

"Hal ini dilakukan agar pengelolaan koperasi di daerah lebih baik karena melalui pelatihan tersebut banyak pengurus koperasi mendapatkan pengetahuan tambahan," katanya.

Untuk itu ia mendorong Dinas Koperasi dan UMKM agar mendata koperasi di Sumbar yang membutuhkan pelatihan agar pergerakan ekonomi melalui koperasi dirasakan secara merata oleh masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri mengatakan pihaknya akan lebih aktif melakukan sosialisasi dan pendampingan dalam pengembangan koperasi.

"Koperasi yang sudah ada dan potensial harus dilakukan pendampingan secara intens," katanya. (*)