Melalui KKN, UIN Petakan Persoalan Sosial Keagamaan Masyarakat

id UIN Padang, KKN

Melalui KKN, UIN Petakan Persoalan Sosial Keagamaan Masyarakat

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang, Sumatera Barat akan memetakan persoalan sosial keagamaan masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIN IB, Rusli di Padang, Rabu, mengatakan KKN angkatan ke-43 ini akan mencoba memetakan persoalan yang ada di tengah masyarakat, terutama di bidang sosial keagamaan.

"Dari pemetaan masalah sosial keagamaan yang dilakukan, selanjutnya akan dicarikan solusi terhadap permasalahan tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan terdapat enam kabupaten/kota yang akan menjadi tujuan untuk melakukan KKN pada tahun ini, semuanya terdiri dari dua kota dan empat kabupaten.

Dua kota yang dimaksud adalah Kota Padang dan Pariaman. Sementara empat kabupaten lain adalah Agam, Tanah Datar, Pasaman Barat dan Pesisir Selatan.

"Lebih kurang terdapat 2.000 mahasiswa dengan 70 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan terjun ke lapangan pada KKN kali ini," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan KKN angkatan ke-43 ini akan dilaksanakan pada 27 Juli sampai 27 Agustus karena menyesuaikan dengan kalender akademik.

"Biasanya KKN diadakan pada saat bulan Ramadhan, akan tetapi tahun ini diadakan setelah lebaran, hal ini dikarenakan harus adanya penyesuaian dengan kalender akademik," ujarnya.

Sementara itu Ketua Badan Pelaksana KKN UIN IB, Danil M Chaniago mengatakan untuk pemilihan lokasi kali ini juga berdasarkan saran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa provinsi.

"Tahun ini Solok Selatan diganti dengan Pesisir Selatan dan untuk pemilihan lokasi kami juga sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait," katanya. (*)