Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kenegaraan Presiden Lithuania

id Joko Widodo

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kenegaraan Presiden Lithuania

Presiden RI, Joko Widodo. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Pada pukul 10.30 WIB iringan mobil yang membawa Presiden Lithuania memasuki halaman depan Istana Merdeka yang diawali pasukan marching band dari Paspampres yang membawakan lagu Maju Tak Gentar diikuti oleh pasukan berkuda serta prajurit yang memakai seragam kerajaan.

Saat turun dari mobil, Presiden Dalia langsung disambut Presiden Jokowi dan sempat berbincang sebentar. Presiden Lithuania ini juga menerima karangan bunga yang dibawa dua pelajar memakai baju adat.

Selanjutnya kedua pemimpin negara ini menuju halaman Istana Merdeka untuk mengikuti upacara penyambutan oleh pasukan Paspampres.

Kedua lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan secara bergantian dengan dibarengi dentuman meriam sebanyak 21 kali dan dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh kedua pemimpin negara ini.

Para pelajar yang memakai baju adat berbagai daerah sambil mengimbarkan bendera kebangsaan kedua negara juga ikut dalam upacara penyambutan ini.

Setelah mengikuti upacara penyambutan, Presiden Jokowi mengajak Presiden Dalia memasuki Istana Merdeka. Usai mengisi buku tamu, Presiden Dalia dan Presiden Jokowi langsung menuju beranda belakang Istana Merdeka untuk melakukan pembicaraan empat mata (veranda talk).

Selanjutnya kedua pemimpin langsung menuju ruang tengah Istana Merdeka guna memimpin pertemuan bilateral antara sejumlah menteri kedua negara.

Dalam menerima kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania ini, Presiden Jokowi didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja, diantaranya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*)