Dharmasraya Alokasikan Rp16 Miliar Untuk Tujuh Jembatan

id Perbaikan, jembatan, Dharmasraya

Dharmasraya Alokasikan Rp16 Miliar Untuk Tujuh Jembatan

Ilustrasi.

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp16 miliar untuk membangun tujuh jembatan sebagai upaya meningkatkan infrastruktur di daerah itu.

"Dana untuk membangun jembatan itu bersumber Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) 2017," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Dharmasraya, Junaidi Yunus di Pulau Punjung, Selasa.

Ia menjelaskan, lokasi pembangunan jembatan berada di tujuh lokasi berbeda, yakni Nagari Lubuk Karak, Jembatan Sungai Batang Neli, Jembatan Sungai Kapur, Jembatan Puskesmas Silago, Jembatan Aur Jaya, Jembatan Sikabau Bukit Mindawa dan Jembatan SP III.

Pembangunan jembatan merupakan upaya pemerintah dalam memenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat, mengingat infrastruktur diperlukan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu daerah.

"Sarana infrastruktur yang memadai akan berdampak terhadap laju pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Di samping mendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan jembatan juga akan mempermudah dan mempercepat akses jalan yang tempuh pada suatu wilayah di Dharmasraya.

"Jembatan merupakan akses utama bagi, terutama masyarakat yang jauh jaraknya dari pusat ibu kota kabupaten," ujarnya.

Ia mengatakan, proses lelang proyek pembangunan tersebut ditargetkan selesai akhir Juni 2017. Dan seluruh pengerjaannya ditargetkan rampung hingga satu tahun anggaran.

"Saat masih dalam proses tender," ujarnya.

Ia mengharapkan semua unsur masyarakat di sekitar wilayah itu membantu menyukseskan serta mengawasi pelaksana kegiatan agar penyelesaian pembangunan tepat waktu.

"Masyarakat harus ikut serta mengontrol pembangunan ini, jika melihat ada kejanggalan, segara laporkan melalui pemerintah nagari," katanya. (*)