Pemkab Berikan Peralatan Tingkatkan Produksi Petani

id Syahiran, Alat Pertanian, Pasaman Barat

Pemkab Berikan Peralatan Tingkatkan Produksi Petani

Bupati Pasaman Barat, Syahiran dan Wakil Bupati Yulianto saat menyerahkan bantuan alat pertanian kepada petani, Selasa (16/5. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menyerahkan 17 unit alat pertanian kepada 17 kelompok untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah itu.

"Dukungan peralatan untuk meningkatkan produktivitas sangat penting. Hal ini akan memudahkan petani," kata Bupati Pasaman Barat Syahiran di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan dengan adanya bantuan ini, kelompok tani bisa terbantu dalam meningkatkan hasil produksinya.

Menurutnya selama ini bantuan alat tersebut jarang diberikan langsung kepada kelompok tani, tertahan di dinas. Sekarang diberikan langsung kepada kelompok untuk kesejahteraan petani.

"17 unit adalah nilai yang cukup besar. Semoga kelompok tani bisa menjaga dan merawat alat pertanian ini untuk kesejahteraannya," ujarnya.

Ketua Kelompok Tani (Keltan) Harapan Jaya Kecamatan Lembah Melintang, Lukman mengatakan Keltan Harapan Jaya sebagai salah satu kelompok yang menerima bantuan alat tersebut sangat senang.

"Kita sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah. Alat pertanian ini sangat penting artinya bagi kami untuk meningkatkan produksi hasil pertanian," katanya.

Ia menyebutkan alat pertanian tersebut akan dipakai oleh anggota Keltan untuk kepentingan petani. sebelumnya dikerjakan dengan manual. Alat ini tentunya sangat memudahkan unyuk mencapai hasil produksi," katanya.

Alat yang diterima petani itu adalah sebelas unit traktor roda dua, dua unit tice transplanter dan empat unit cultivator.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikulturan dan Peternakan Pasaman Barat, Memizesmita mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan bantuan peralatan bagi petani.

"Selain bantuan peralatan, peningkatkan kemampuan petani juga akan terus ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan," katanya. (*)