Bulog Gelar Gerakan Stabilisasi Pangan Dua Pekan

id Bulog, Bukittinggi, Gerakan Stabilisasi Pangan

Bulog Gelar Gerakan Stabilisasi Pangan Dua Pekan

Kepala Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Bukittinggi, Sultani. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Perum Bulog Sub Divisi Regional Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), akan menggelar Gerakan Stabilisasi Pangan di daerah itu mulai 17 Mei 2017 hingga dua pekan ke depan.

Kepala Bulog Sub Divre Bukittinggi, Sultani di Bukittinggi, Selasa, mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga pangan menjelang Ramadhan 1438 Hijriah.

Dalam Gerakan Stabilisasi Pangan, Bulog akan menjual barang kebutuhan masyarakat seperti beras medium, gula, minyak goreng, bawang merah dan cabai merah.

"Harga jual untuk komoditas-komoditas tersebut dipastikan di bawah harga pasar karena prinsipnya untuk memudahkan masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan hari pertama akan dilaksanakan di halaman kantor Camat Guguk Panjang mulai pukul 9.00 WIB.

"Sementara untuk hari berikutnya hingga dua pekan ke depan, kami belum tentukan di mana lokasinya namun yang jelas dilakukan di daerah keramaian dan memperhatikan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Sultani menerangkan semua warga dapat membeli komoditas yang disediakan tersebut tanpa diberlakukan kriteria tertentu dan pembelian hanya dalam jumlah wajar untuk konsumsi rumah tangga.

Terkait pasokan pangan jelang Ramadhan, ia mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir karena pasokan tersedia cukup.

"Untuk komoditas beras, ada pasokan 2.500 ton di gudang Bulog di daerah Baso dan Tilatang Kamang. Bila dihitung jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran rastra hingga lima bulan ke depan," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat tidak resah karena sudah ada kegiatan pasar murah dan kondisi pasokan pangan cukup.

"Bulog akan berusaha bantu memenuhi kebutuhan terutama pangan pokok sehingga tidak terjadi gejolak harga dan mengendalikan laju inflasi," ujarnya. (*)