Menteri Agama Buka Perkemahan Madrasah Nasional

id Lukman Hakim Saifuddin

Menteri Agama Buka Perkemahan Madrasah Nasional

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Antara)

Pangkal Pinang, (Antara Sumbar) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III di Bumi Perkemahan Selawang Segantang, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Selasa.

"Kita jaga, rawat dan kembangkan sehingga Pramuka kita dapat merespon persoalan masyarakat dan bangsa sesuai situasi kondisi terkini dengan kearifan," kata Lukman dalam sambutannya.

Lukman mengajak peserta PPMN yang merupakan siswa madrasah agar menerapkan dan tidak melupakan janji Tri Satya Pramuka.

Tri Satya Pramuka sendiri berisi janji Pramuka untuk menjalankan kewajibannya terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila.

Selain itu, Tri Satya Pramuka juga mendorong peserta agar menolong sesama hidup, mempersiapkan diri membangun masyarakat dan menepati Dasa Dharma.

"Tri Satya yang dikenal sebagai komitmen konsensus janji setiap kita, yang terdiri dari tiga poin, agar diikrarkan dan diamalkan," kata dia.

Bagi Lukman, menepati janji bagi seorang Muslim adalah kewajibannya terhadap Muslim dan unsur lainnya.

"Setiap Muslim terikat kesepakatan, komitmen yang dibuatnya sendiri. Kecuali jika kesepakatan itu mengarah pada menghalalkan yang haram. Pancasila dan NKRI adalah konsensus seluruh elemen bangsa yang harus kita patuhi dan pelihara," kata dia.

PPMN III mengangkat tema kreatif terampil dan berkarakter yang digelar pada 14-20 Mei 2017. PPMN edisi ketiga diikuti 864 peserta dari dua kategori, kontingen 34 daerah Indonesia masing-masing mendelegasikan 20 orang dan kontingen cabang provinsi Babel terdiri 18 orang. (*)