5.641 Siswa Agam Bergabung Ikuti Ujian Sekolah

id Ujian Sekolah, Agam

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Sumatera Barat, menyatakan 5.641 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di daerah itu mengikuti ujian sekolah pada 15 hingga 20 Mei 2017.

"5.641 siswa ini berasal dari 318 sekolah yang tersebar di 16 kecamatan. Sementara jumlah siswa di 129 sekolah penyelenggara sebanyak 3.539 orang," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Arnel di Lubukbasung, Senin.

Ia mengatakan, bergabungnya siswa tersebut pada 129 sekolah penyelenggara ini merupakan kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, mengingat jumlah siswa di sekolah itu cukup sedikit.

Selain itu, untuk mempermudah dalam monitoring ujian sekolah, memudahkan pendistribusian naskah ujian sekolah.

"Ini setiap tahun kita lakukan dan siswa yang bergabung dalam mengikuti ujian sekolah itu tidak jauh dari sekolah mereka," katanya.

Ia menambahkan, total siswa SD dan MI di Agam yang terdaftar sebagai peserta ujian sekolah sebanyak 9.171 siswa yang tersebar di 436 SD dan 11 MI.

Mereka ini, katanya mengikuti ujian sekolah di 501 ruangan di 129 sekolah penyelenggara.

"Pelaksanaan ujian sekolah ini diawasi sebanyak 1.022 pengawas," katanya.

Menurutnya pelaksanaan ujian sekolah pada hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan dengan baik dan tidak ada kendala.

Ini berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam di sekolah penyelenggara.

"Kita berharap kondisi ini berlangsung sampai hari terakhir pelaksanaan ujian sekolah," katanya.

Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Irfan Amran berharap peserta ujian sekolah untuk teliti dalam membahas soal agar mendapatkan nilai yang bagus.

Selain itu, orang tua untuk selalu mengontrol belajar anak mereka selama pelaksanaan ujian sekolah.

"Jangan biarkan mereka banyak bermain selama pelaksanaan ujian sekolah," katanya. (*)