Tim Pusat Nilai Sekolah Sehat di Dharmasraya

id Lomba, Sekolah, Sehat

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Tim pusat menilai Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, sebagai sekolah yang mewakili provinsi itu dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional.

"Kedatangan tim dari Jakarta ke sekolah guna melakukan verifikasi dan melihat secara langsung apakah data yang dikirm sesuai dengan kreteria yang diinginkan," kata Ketua Tim Penilai LSS Tingkat Nasional, Mukhlis di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan tim berjumlah delapan orang diutus dari empat kementerian, yakni kesehatan, pendidikan, agama, dan Kemendagri yang masing-masing memiliki peran dalam penilian tersebut.

Ia menjelaskan metode penilaian tidak dilihat dari performa fisik bangunan, namun dibagi dalam dua kategori. Pertama adalah kelengkapan infrastrukstur sekolah, sarana dan prasarana, serta peran dan kontribusi masyarakat sekitar sekolah.

Menurutnya jika hanya mengandalkan tampilan fisik tentu sekolah yang dipelosok tidak sanggup merebut juara, karena akan kalah dengan gedung belajar yang berada diperkotaan.

"Berkat kebijakan ini maka peluang sekolah yang berada di ujung tanah air memiliki kesempatan untuk meraih prestasi yang sama tingkat nasional," ujarnya.

Ia mengatakan sebanyak 19 sekolah tingkat TK/MI dari perwakilan 25 provinsi di seluruh Indonesia mengikuti Lomba Sekolah Sehat 2017.

Ia menyebutkan TK Aisyiyah Bustanul Athfal patut berbangga karena menurut tim penilai tempat belajar ini sudah masuk level nasional. Artinya dianggap mampu bersaing dengan daerah laian di Indonesia.

"Sebenarnya sekolah ini sudah juara nasional karena sudah bersaing dengan daerah lain. Hanya saja tim akan menilai sekolah yang paling unggul, dan kami akan menilai seobyektif mungkin," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sutan Riska menyambut baik kedatangan tim penilai tersebut, karena tim yang jauh dari Jakarta dapat menginjakkan kaki di Kabupaten Dharmasraya.

Ia berharap TK Aisyiyah Bustanul Athfal dapat memperoleh hasil maksimal dan meriah peringkat pertama secara nasional melalui LSS 2017.

Saya mintak pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh sekolah di Dharmasraya untuk meraih prestasi di tingkat nasional," ujar dia. (*)