Pemkot Padang Panjang Bina 255 Guru TPQ

id Guru Mengaji

Pemkot Padang Panjang Bina 255 Guru TPQ

Pemateri dari Bagian Kesra Sekretariat Daerah Padang Panjang menyampaikan materi kepada peserta pelatihan guru TPQ, Senin (15/5). (ANTARA SUMBAR/Zulham beni Kusuma)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 255 guru Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mendapatkan pembinaan dari pemerintah setempat sebagai upaya mendorong keprofesionalan tenaga pendidik di daerah itu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah setempat Eri di Padang Panjang, Senin, mengatakan pembinaan dari guru TPQ sangat penting dilakukan yang juga berorientasi kepada pembentukan karakter anak.

"Sebelum karakter anak dibentuk, maka tenaga pengajarnya harus terlebih dahulu diberi pembinaan atau pelatihan dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik," ujarnya.

Pembinaan terhadap guru TPQ tambahnya, sangat penting jika ingin menerapkan Padang Panjang sebagai kota "Serambi Mekah" sesuai visi dan misi pemerintah daerah.

Tenaga pengajar terlebih dahulu harus faham dengan apa yang akan diajarkan kepada peserta didik di TPQ, karena tidak semua guru yang pandai baca Al Quran bisa mentransferkan ilmu kepada anak dengan baik.

"Pintar mengaji belum tentu bisa mengajar atau mentransfer ilmu dengan lancar kepada murid TPQ," sebutnya.

Guru TPQ di Padang Panjang mendapatkan pembinaan berupa manajemen TPQ, mengajar yang mudah dipahami oleh peserta didik dan lainnnya.

"Ini juga merupakan pembinaan rutin dari Pemmkot Padang Panjang terhadap guru TPQ," sebutnya.

Ketua DPRD Padang Panjang Novi Hendri menganggap pembinaan yang dilakukan kepada guru TPQ oleh pemerintah setempat adalah upaya dari meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari tenaga pengajar.

"Pembinaan terhadap tenaga pengajar itu harus rutin dilakukan, sehingga ada peningkat ilmu yang akan diberikan kepada santri dari guru TPQ," jelasnya. (*)