Pemkot Pariaman Siapkan 250 Guru Pengawas UNKP SD

id UNKP

Pemkot Pariaman Siapkan 250 Guru Pengawas UNKP SD

Ujian nasional. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, melatih 250 guru pengawas dan panitia Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) bagi siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk memaksimalkan pelaksanaan ujian pada 15 hingga 18 Mei 2017.

"Dengan adanya pelatihan untuk para pengawas, diharapkan pelaksanaan UNKP lancar dan tidak terkendala apapun," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar, di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan pengawasan dari para pendidik harus dapat terlaksana semestinya sehingga tercipta hasil pendidikan berkualitas baik.

Ia menjelaskan ujian untuk siswa tingkatan sekolah dasar sebenarnya berbeda dengan ujian pada tingkat lanjutan sebab hal itu menjadi salah satu tolak ukur dasar bagi generasi muda sedini mungkin.

Apalagi, katanya, pendidikan tingkat SD merupakan sarana awal pembentukan karakter anak-anak bangsa sejak dini.

"Hal itu termasuk pula pengenalan karakter diri sendiri serta pembentukan sikap anak yang akan memberi pengaruh hingga seorang anak beranjak dewasa," katanya.

Selain itu, katanya, hasil dari UNKP siswa SD/MI tersebut dapat menjadi salah satu tolak ukur kualitas pendidikan di daerah setempat.

Sehingga diutamakan kejujuran dan proses pembelajaran dibandingkan hanya keinginan untuk memperoleh hasil baik dengan cara tidak baik, katanya.

"Kejujuran adalah hal utama dalam hasil kelulusan sehingga para siswa memang lulus berdasarkan hasil kerjanya. Inilah yang harus benar-benar diterapkan oleh pengawas nantinya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Peserta Didik Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kota Pariaman, Yurnal menambahkan UNKP yang dilaksanakan pada minggu ketiga Mei 2017 itu akan diikuti oleh 35 SD dan empat MI se-Kota Pariaman.

"Kami berharap pelaksanaan ujian lancar dan para siswa dapat percaya pada kemampuan mereka sendiri," ujarnya. (*)