Masyarakat Agam Adakan Syukuran Sambut Ramadhan

id Ramadhan, Syukuran

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Sekitar ratusan warga Nagari Koto Gadang Anam Koto, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengadakan syukuran dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1438 Hijriyah.

Wakil Ketua Suku Koto Nagari Koto Gadang Anam Koto, Gusmardi di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan ratusan warga ini berasal dari Suku Koto di Nagari Koto Gadang Anam Koto.

Kegiatan ini diadakan di Surau Bansa Nurul Falah Nagari Koto Gadang Anam Koto, Jumat (12/5) untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan dan menutup pertemuan rutin yang diadakan setiap bulannya.

Ia menambahkan, pertemuan bulanan ini rutin digelar pada Jumat minggu ketiga dan pertemuan itu dihadiri oleh seluruh warga Suku Kota di Nagari Koto Gadang Anam Koto.

Saat pertemuan, katanya, tokoh adat menyampaikan pesan kepada anak kemenakan agar menjauhi penyalahgunaan narkoba, karena dapat merusak kesehatan dan masa depan.

Ini sering disampaikan mengingat Kecamatan Tanjung Raya merupakan salah satu kecamatan yang rawan terhadap penyalahgunaan narkoba di Agam.

"Dari data di Polres Agam, Kecamatan Tanjung Raya merupakan daerah rawan penyalahgunaan narkoba," tegasnya.

Tokoh Adat Suku Koto, Wendrizal mendukung kegiatan itu dalam meningkatkan tali silaturahmi antara masyarakat yang berasal dari Suku Koto.

Selain itu, untuk meminimalisasi anak dan kemenakan Suku Koto terlibat dari penyalahgunaan narkoba.

"Saya berharap dengan kegiatan ini, tidak ada satupun anak kemenakan dari Suku Koto terlibat penyalahgunaan narkoba," katanya. (*)