TENTANG KAMI | INDEX | REDAKSI | IKLAN | RSS | PETA | KONTAK | KETENTUAN | FORUM | FACEBOOK | Twitter | REGISTER | SIGN IN
Jumat, 18 Agustus 2017 - 26 Zulqaidah 1438 H

Galadesa 2017 Dimulai dari Bulukumba Sulawesi Selatan

Gala Desa. (ANTARA SUMBAR/Sekretariat Kabinet)
Jakarta, (Antara Sumbar) - Galadesa 2017 merupakan program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap dipertandingkan dan daerah lokasi pembukaan atau kick off kejuaraan tersebut adalah Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (14/5).

"Persiapan kick off Galadesa sudah 90 persen, tinggal pelaksanaannya saja. Yang jelas kami sangat mengapresiasi keseriusan tuan rumah dalam mempersiapkan acara pembukaan Galadesa," kata Ketua Pelaksana Galadesa 2017 Arifin Majid saat dikonfirmasi dari Jakarta, Sabtu.

Bulukumba ditunjuk sebagai tuan rumah kick off Galadesa 2017 yang merupakan bagian Program Ayo Olahraga Bersama dengan Gowes Pesona Nusantara itu, dan merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan ini, sedang bergiat mengembangkan olahraga dan pariwisata.

Galadesa 2017 atau juga dikenal dengan pekan olahraga desa merupakan kejuaraan yang akan mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, atletik, bulu tangkis dan tenis meja.

Sesuai dengan rencana, kick off Galadesa 2017 ini akan dibuka langsung oleh Menpora Imam Nahrawi di Lapangan Pemuda Kabupaten Bulukumba, Minggu (14/5).

Pembukaan Galadesa ini dilakukan satu hari setelah kick off Gowes Pesona Nusantara yang dilakukan bersamaan di Merauke, Papua, dan Sabang, Aceh.

Bupati Bulukumba Andi Muhammad Sukri Sappewali dalam keterangan tertulis mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan diri dengan baik kick off Galadesa 2017. Beberapa atraksi dan kesenian sudah disiapkan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Ribuan orang dipastikan bakal hadir pada pembukaan, mengingat pihak pemerintah daerah sejak jauh-jauh hari telah menyosialisasikan salah satu program unggulan Kemenpora itu.

Tarian massal Paduppa yang merupakan tarian khas budaya Bulukumba untuk menyambut tamu kehormatan juga akan ditampilkan.

"Ada 109 desa dari sepuluh kecamatan yang bakal terlibat. Kami berharap, Galadesa ini benar-benar mampu membangkitkan gairah masyarakat untuk aktif berolahraga, sehingga kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba bisa ditekan," kata Andi.

Dengan Galadesa ini, Andi juga berharap pemerintah pusat terutama Kemenpora bisa membantu pembangunan sarana dan prasarana olahraga, karena di Bulukumba keberadaannya sangat terbatas. Bahkan, hingga saat ini kabupaten ini belum memiliki kolam renang.

"Selama ini kalau menyelenggarakan lomba renang di laut karena kami belum memiliki kolam renang. Harapan saya, Kemenpora dapat membantu kami membangun kolam renang dan gelanggang olahraga yang dapat digunakan kegiatan olahraga secara umum," kata Andi menegaskan. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga