Pemkab Pesisir Selatan Kerahkan Mobil Pustaka Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

id Mobil Pustaka

Pemkab Pesisir Selatan Kerahkan Mobil Pustaka Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Mobil Pustaka. (cc)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengerahkan tiga unit mobil pustaka keliling kecamatan guna meningkatkan minat baca masyarakat di daerah itu.

"Mobil pustaka tersebut menjangkau 150 titik yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat, Mawardi Roska di Painan, Jumat.

Ia menerangkan mobil pustaka tersebut juga mengunjungi perpustakaan sekolah, rumah baca hingga instansi pemerintahan yang memiliki perpustakaan.

Dari data Dinas Kearsipan minat baca masyarakat semakin baik, namun belum didukung tersedianya buku-buku bacaan yang dibutuhkan.

Untuk mendukung kegiatan ini pihaknya akan memancing munculnya komunitas pembaca, pojok baca dan lainnya, sehingga bisa diketahui jenis buku bacaan apa yang mereka butuhkan.

Saat ini dari 5,4 ribu jenis buku bacaan yang dimiliki Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dinilai belum mewakili selera masyarakat pembaca, sehingga dibutuhkan komunitas pembaca untuk mempermudah pendistribusian buku bacaan sesuai keinginan masyarakat.

Seharusnya kata dia, tingkat kesejahteraan masyarakat berbanding lurus dengan kecerdasannya, dan kecerdasan tersebut didapatkan dengan rajin membaca.

"Makanya kami saat ini fokus menyiapkan bacaan yang sesuai selera masyarakat dengan menjamin tersedianya buku bacaan yang mudah dijangkau," katanya.

Untuk mendekatkan pembaca dengan ketersediaan buku bacaan itu pihaknya akan menggandeng pemerintahan nagari atau desa adat agar ikut memberikan kontribusi dengan menghadirkan buku bacaan yang dibutuhkan masyarakat di wilayahnya. (*)