Empat Calon Haji Pesisir Selatan Batal Berangkat

id haji

Empat Calon Haji Pesisir Selatan Batal Berangkat

Ilustrasi - Haji. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Sebanyak empat dari 144 calon haji asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dipastikan batal berangkat ke tanah suci Mekah pada pemberangkatan musim haji 2017.

"Satu orang meninggal dunia dan tiga lainnya terkendala keuangan," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kementerian Agama Pesisir Selatan, Sudirman di Painan, Jumat.

Ia menyebutkan sebanyak 140 calon haji lainnya sudah menyelesaikan proses administrasi baik paspor hingga melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Sementara pengecekan kesehatan sudah dilakukan di tingkat puskesmas kecamatan masing-masing calon haji berasal, dan seterusnya akan dilakukan pemberian vaksin meningitis di tingkat kabupaten.

Setelah itu manasik haji juga sudah dilakukan mulai Februari 2017 dan dilanjutkan hingga sekarang.

"Manasik digelar setiap Sabtu berlokasi di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Sago, Kecamatan IV Jurai," katanya.

Menurutnya animo masyarakat Pesisir Selatan berangkat haji melonjak semenjak empat tahun terakhir, dilihat dari pendaftaran haji yang mencapai 400 orang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya pendaftaran hanya 100 sampai 150 orang.

Menurutnya hal tersebut terjadi karena selain meningkatnya kesadaran menunaikan ibadah haji juga didukung perekonomian masyarakat yang mulai membaik.

Masyarakat Pesisir Selatan yang mendaftarkan pada 2017 maka harus menunggu jadwal keberangkatan hingga 2033. Hal tersebut karena banyaknya calon haji yang lebih dahulu telah mendaftar. (*)