Senin, 25 September 2017 - 5 Muharram 1439 H

Sumbar Targetkan 80 Sineas Ikuti SFF 2017

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)
Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 80 sineas dari berbagai daerah diharapkan mengikuti Sumatera Barat Film Festival 2017 agar tujuan untuk mempromosikan wisata halal daerah bisa tercapai.

"Pendaftaran masih dibuka hingga 19 Juli 2017. Kita optimis target jumlah sineas yang ikut tercapai," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Jumat.

Saat ini sudah ada beberapa sineas yang mendaftarkan karyanya dan diharapkan menjelang 19 Juli, akan masuk puluhan karya lainnya.

"Biasanya, karya yang masuk itu memang pada akhir batas waktu," ujar dia.

Sumbar Film Festival 2017 merupakan kompetisi film pariwisata halal Sumbar yang diselenggarakan dinas pariwisata setempat terdiri dari empat gelaran yang akan digelar kompetisi film, produksi film, malam penganugerahan dan roadshow di tiga kota besar Padang, Solok Selatan dan Bukittinggi.

"Festival ini sekaligus diharapkan bisa mempromosikan wisata halal Sumbar," katanya.

Ia menilai film sangat berpengaruh dan mengilhami, selain memberikan dampak psikologis kepada seseorang dan mempengaruhi pandangan kita terhadap sesuatu.

Diharapkan efek itu bisa pula mempengaruhi psikologis masyarakat agar mendukung wisata halal daerah. Sekaligus menarik minat wisatawan untuk datang.

"Ini juga merupakan kesempatan bagi sineas Sumbar untuk menyalurkan kreasi," katanya.

Sementara itu Ketua panitia Derliati mengatakan festival itu menonjolkan kearifan lokal masyarakat Sumbar berlaku untuk semuanya baik remaja maupun dewasa.

Pendaftaran dibuka dari tanggal 7 April 2017 hingga 19 Juli 2017.

Terkait dengan produksi film, menurutnya akan menceritakan tradisi pulang kampung masyarakat Sumbar yakni tradisi Balimau dari jelang Ramadhan hingga lebaran.

Pada 2016, Indonesia meraih 12 penghargaan untuk wisata halal dunia. Tiga dari 12 penghargaan itu diraih oleh Sumbar. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga