Bupati Tanah Datar Sosialisasi Program di Masjid

id Irdinansyah Tarmizi

Bupati Tanah Datar Sosialisasi Program di Masjid

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan sosialisasi program pemerintah daerah sekaligus menjalin silaturahim dengan masyarakat di masjid-masjid yang ada di daerah itu.

Kita prihatin dengan banyaknya terjadi permasalahan sosial di tengah masyarakat saat ini, maka pemerintah daerah mencarikan solusi melalui pendekatan pengamalan nilai-nilai agama di masjid atau surau, katanya di Batusangkar, Jumat.

Ia menyebutkan setelah setahun memimpin Tanah Datar banyak mendapatkan laporan berbagai permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat seperti peredaran dan penyalahangunaan Narkoba, perjudian, pelecehan seksual, kasus bunuh diri dan penyakit masyarakat lainnya.

Dalam mengantisipasi permasalahan itu, kita perlu mengambil langkah cepat dan efektif untuk melindungi masyarakat, tambahnya.

Bupati menyampaikan pemerintah daerah sedang gencar melakukan kegiatan turun langsung menemui masyarakat di masjid atau surau melalui program Maghrib Mengaji, Subuh Berjamaah, dan Tahfiz Al Quran.

"Keberkahan akan diturunkan Allah SWT bagi masyarakat Tanah Datar, jika bacaan Al Quran menggema di masjid atau mushalla usai Maghrib dan Subuh Berjamaah," ujarnya.

Ia meminta para wali nagari untuk mendukung gerakan Maghrib Mengaji dan Subuh Berjamaah dengan membuat peraturan nagari (pernag).

Sementara Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam mengantisipasi berbagai kasus penyakit masyarakat dan mendukung setiap nagari melahirkan Pernag.

Ia meminta peran aktif tokoh masyarakat dan orangtua menjadi teladan bagi generasi muda dengan membawa anak-anaknya ke masjid atau mushala.

"Mudah-mudahan program ini dapat menekan permasalahan sosial yang terjadi dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di dunia dan maupun akhirat," katanya. (*)