Agam Sediakan Rp340 Juta Bantu Pembangunan Masjid

id masjid

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyediakan dana sebesar Rp340 juta untuk membantu pembangunan 40 masjid yang akan diserahkan saat kunjungan Tim Safari Ramadhan 1438 Hijriyah.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Zainal Muttaqin didampingi Kasubag Bagian Agama, Yasman di Lubukbasung, Jumat, mengatakan setiap masjid akan mendapatkan bantuan biaya pembangunan sebesar Rp8,5 juta.

Ia mengatakan ke 40 masjid ini merupakan usulan dari 16 kecamatan ke Bagian Kesra Sekretariat Daerah Agam pada 2016.

Masing-masing kecamatan, tambahnya mengusulkan dua sampai tiga masjid sesuai dengan kriteria seperti masjid belum pernah dikunjungi Tim Ramadhan pada tahun sebelumnya, dan masjid dalam proses pembangunan.

Setelah itu usulan diajukan dan masuk Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk dibahas oleh tim anggaran pemerintah daerah.

Setelah disetujui maka dana pembangunan 40 unit masjid tersebut telah berada di APBD.

"Jumlah dana untuk pembangunan masjid pada 2017 ini lebih besar dibandingkan 2016, karena pada tahun lalu hanya sebesar Rp8.375.000," katanya.

Pada Ramadhan nanti, tambahnya, Pemkab Agam akan mengunjungi 40 masjid. Ke 40 masjid tersebut dikunjungi oleh tim khusus bupati dan wakil bupati sebanyak delapan unit masjid dan tim reguler sebanyak 32 masjid.

Kunjungan ini rutin digelar saat bulan Ramadhan dengan tujuan untuk menjalin silaturahim antara Pemda Agam dengan masyarakat, memberikan informasi pembangunan, menjaring aspirasi masyarakat dan lainnya.

"Aspirasi yang disampaikan itu akan dibahas pada rapat," katanya. (*)