Agam Targetkan Perbaikan Jalan Tuntas Jelang Lebaran

id jalan rusak

Agam Targetkan Perbaikan Jalan Tuntas Jelang Lebaran

Ilustrasi - Jalan rusak. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan perbaikan jalan rusak di daerah itu selesai dua hari menjelang lebaran agar bisa digunakan masyarakat yang mudik Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Kita optimistis perbaikan jalan rusak selesai dua hari menjelang Idul Fitri, karena jalan yang rusak di Agam hanya sebagian kecil, dan tidak sampai satu parsen dari 1.694,63 kilometer panjang jalan kelas c atau jalan kabupaten," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang setempat, Yunaldi di Lubukbasung, Jumat.

Ia menambahkan, perbaikan jalan ini dilakukan sistem tambal sulam dengan dana sebesar Rp200 juta yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Perbaikan akan dilakukan oleh pihak ketiga, karena perbaikan itu berisiko terjadinya permasalahan.

"Kita tidak mau setelah perbaikan terjadi permasalahan," katanya.

Dengan perbaikan ini, maka pemudik diharapkan nyaman saat melewati daerah itu pada Idul Fitri nanti.

Selain perbaikan jalan Pemkab Agam juga akan memperbaiki jalan dan membangun jembatan sebanyak 10 paket pada 2017.

"Pekerjaan ini telah dimulai pada awal Maret dan selesai Oktober 2017. Lama pekerjaan selama enam sampai tujuh bulan, dan ini sesuai kontrak kerja," katanya.

Ia menerangkan 11 paket pekerjaan itu yakni paket satu sebanyak 15 ruas dengan pagu dana sebesar Rp19,5 miliar yang tersebar di Kecamatan Baso, Ampek Angkek, Canduang, Banuhampu dan Tilatangkamang.

Paket dua sebanyak 15 ruas dengan dana Rp18,5 miliar tersebar di Kecamatan Sungaipua, Banuhampu, Kamangmagek, Ampekkoto dan Palupuh.

Sedangkan paket delapan sebanyak 12 ruas dengan dana Rp15,1 milar tersebar di Kecamatan Lubukbasung, Ampeknagari, Tanjungraya, Matur dan Palembayan. Paket 14 sebanyak 13 ruas dengan dana Rp14,4 miliar tersebar di Kecamatan Lubukbasung, Ampeknagari dan Tanjungmutiara.

Lalu paket 20 sebanyak satu ruas tersebar di Kecamatan Banuhampu dengan dana Rp1,1 miliar, paket pembangunan infrastruktur wilayah strategis Kota Lubukbasung dengan dana Rp13,6 miliar.

Pembangunan jalan di Kecamatan Matur dengan dana Rp16,4 miliar dan pembangunan jalan di Kecamatan Tanjungraya sebesar Rp11,7 miliar.

Selain itu, pembangunan satu unit jembatan di Banuhampu sebesar Rp3,4 miliar, pembangunan satu unit jembatan di Kecamatan Baso sebesar Rp2,9 miliar, pembangunan satu unit jembatan di Kecamatan Palupuh sebesar Rp900 juta, pembangunan satu unit jembatan di Kecamatan Lubukbasung dengan dana Rp3,2 miliar.

"Kita berharap pembangunan ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan kontrak kerja," katanya.

Salah seorang warga Lubukbasung, Irwandi memberikan apresiasi kepada Pemkab Agam yang akan melakukan perbaikan jalan dalam menghadapi Idul Fitri.

Namun pihaknya berharap perbaikan jalan tersebut sesuai dengan target yang telah ditentukan. (*)