BMKG : Sumbar Potensi Hujan Durasi Singkat

id BMKG

BMKG : Sumbar Potensi Hujan Durasi Singkat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Ketaping Padangpariaman memprakirakan Sumatera Barat berpotensi diguyur hujan berdurasi singkat, kendati cuaca di provinsi itu cenderung kering.

"Secara umum cuaca Sumbar cenderung kering, namun ada potensi hujan berdurasi singkat yakni maksimal satu jam pada rentang waktu siang hingga malam selama tiga hari ke depan," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Jumat.



Ia menjelaskan hal itu karena saat ini Sumbar dalam masa peralihan dari musim hujan ke musim panas yang diperkirakan terjadi pada Juni 2017.

Potensi hujan pada malam hari tersebut yakni di Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, Pesisir Selatan, Padang Panjang, Bukittinggi, wilayah Agam (Malalak dan Tiku).

Kemudian Solok Selatan, Kabupaten Solok, Padang, dan Padangpariaman khususnya Lubuk Alung, Parit Malintang, Kayu Tanam, Lembah Anai dengan intensitas sedang hingga lebat.

Ia menyebutkan rata-rata suhu di Sumbar ketika cerah yakni 29 sampai 30 derajat celcius dan ketika hujan 22 hingga 24 derajat celcius.

Selain itu, ujar dia masyarakat juga perlu mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan 30 hingga 40 kilo meter per jam yang bersifat insidentil atau tidak setiap waktu kencang.

Potensi angin kencang tersebut yakni diwilayah Kotam Padang, Pesisir Selatan, Padangpariaman, Tiku, Pasaman Barat, Padang Panjang, Kota Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung dan sebagian Agam.

Ia mengingatkan masyarakat dengan cuaca yang dominan cerah berawan saat ini masyarakat tidak sembarangan membakar sampah seperti di lahan dan ladang yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (*)