Sumbar Gelar Turnamen Futsal Seleksi Atlet Kejurwil

id Futsal, kejurwil, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat menggelar turnamen futsal dengan peserta dari kabupaten/kota se-provinsi itu sebagai sarana seleksi untuk kejuaraan wilayah Sumatera di Kota Padang, 11-14 Mei 2017.

"Peserta yang telah mendaftar yakni sebanyak 13 kabupaten/kota dengan ketentuan satu daerah satu tim," kata Kepala Bidang Olahraga Dispora Sumbar Rafli Efendi di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan ada enam kabupaten/kota lainnya yang tidak mengajukan atletnya untuk mendaftar pada turnamen ini.

Enam daerah tersebut yakni, Kabupaten Pasaman, Dharmasraya, Mentawai, Sijunjung, Kota Solok, dan Pasaman Barat.

"Kebanyakan dari daerah tersebut tidak mempunyai dana untuk mengikut sertakan atletnya dalam turnamen ini, karena pihak provinsi hanya menyediakan tempat dan wasit saja," katanya.

Ia mengatakan untuk menyelenggarakan turnamen daerah ini, pihaknya bekerja sama dengan pengurus provinsi dari cabang olahraga futsal demi kelancaran dalam merekrut seluruh atlet futsal yang berbakat disetiap daerah.

Rafli menjelaskan pemenang dalam turnamen ini akan dipersiapkan untuk kejuaraan nasional tingkat wilayah Sumatera yang akan digelar pada Agustus 2018 di Medan.

Namun, katanya dalam mempersiapkan tim tersebut hingga kejurwil tahun depan sepenuhnya kewenangan akan dilimpahkan ke daerah asal tim pemenang.

Ia mengharapkan tim pemenang dapat berlatih dan memberikan yang terbaik pada kejurwil mendatang.

"Karena akan ada dua tim yang akan lolos dalam tahap wilayah ini untuk melanjutkan ke tahap nasional,"katanya. (*)