Rabu, 28 Juni 2017 - 4 Syawwal 1438 H

Wapres Tegaskan Komitmen Indonesia untuk IORA

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Antara)
Jakarta, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menegaskan komitmen Indonesia untuk menguatkan peran Asosiasi Poros Samudera Hindia (IORA) untuk keamanan dan kesejahteraan kawasan.

"Sebagai negara yang terletak di Samudera Hindia dan negara Kepulauan yang disatukan lautan, Indonesia berkomitmen untuk membangkitkan semangat kelautan," kata Wapres dalam pembukaan Konferensi Tingkat Menteri IORA di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, Wapres menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para anggota dan mitra dialog IORA yang hadir dalam konferensi tingkat menteri kedua tersebut.

"Saya sangat menghargai komitmen sukarela baik dari anggota maupun mitra dialog IORA untuk berkontribusi dalam mengimplementasikan pembiayaan ekonomi biru yang merupakan inti dari konferensi tingkat menteri ini," ujarnya.

Wapres menambahkan, secara nasional, Indonesia telah membuat rencana strategis untuk membangun ekonomi biru yang berkelanjutan, antara lain dengan menetapkan target 70 persen pengurangan sampah plastik di laut hingga 2030.

Delegasi Indonesia yang dalam konferensi tersebut, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Konferensi Tingkat Menteri IORA ke-2 tentang Ekonomi Biru berlangsung di Hotel Pullman, Jakarta, 8-10 Mei 2017. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : ikhwan Wahyudi
Padang (Antara Sumbar ) - Memasuki usia 65 tahun  Gazali menjadi  satu-satunya pria penghuni komplek perumahan karyawan ...
Baca Juga