SMP di Padang Mulai Laksanakan PSB Mandiri

id Penerimaan, Siswa, Baru

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai melaksanakan Penerimaan Siswa Baru (PSB) jalur mandiri tahun ajaran 2017/2018.

"Pendaftaran untuk PSB Mandiri mulai dilaksanakan pada hari ini hingga 11 Mei 2017," kata Kepala SMPN 7 Padang, Syafrizal Syair di Padang, Selasa.

Ia mengatakan pada hari pertama pembukaan PSB jalur mandiri, sebanyak 600 formulir telah diambil oleh calon siswa baru yang ingin masuk ke SMPN 7 Padang.

"Kuota yang disiapkan SMPN 7 Padang untuk PSB mandiri adalah 30 persen dari jumlah kuota sebanyak 256 siswa," katanya.

Ia menjelaskan 7 persen dari 30 persen kuota mandiri, disediakan untuk pendaftar yang berasal dari luar kota, kemudian untuk seleksi administrasi batas nilai rapor minimal bagi pendaftar di dalam Kota Padang adalah 75 sedangkan di luar kota 80 .

Terkait persentase kuota mandiri, ia mengatakan berkurang dari tahun sebelumnya, dimana sebelumnya kuota mandiri SMPN 7 Padang sebanyak 33 persen, sedangkan pada tahun ini hanya 30 persen.

"Harapannya kuota mandiri dapat ditambah lebih kurang 40 persen, karena melihat dari animo masyarakat yang cukup tinggi dalam melakukan pendaftaran untuk anaknya," katanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Padang, Hakim mengatakan sekolahnya menyediakan kuota 40 persen untuk jalur mandiri dari kuota sebanyak 216 orang, kemudian lima persen dari 40 persen itu disediakan untuk pendaftar yang berasal dari luar kota.

"Artinya hanya 87 orang yang akan diterima melalui jalur mandiri baik dari luar maupun dari dalam kota," ujarnya.

Pada hari pertama pelaksanaan PSB mandiri, katanya sebanyak 400 formulir telah diambil oleh calon siswa baru yang ingin masuk ke SMPN 1 Padang.

Ia berharap pelaksanaan PSB jalur mandiri dapat berjalan dengan lancar, sehingga siswa yang diterima memang benar-benar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Untuk pengumuman lulus administrasi PSB jalur mandiri pada 13 Mei 2017, tes akademik 14 Mei 2017, lalu pendaftaran ulang pada 11 hingga 21 Juni 2017 dan pengumuman siswa yang diterima akan dilaksanakan setelah hasil UASBN keluar.

SMPN 7 dan SMPN 1 Padang merupakan sekolah yang melakukan PSB jalur mandiri dari tujuh SMP negeri di Padang yang melaksanakannya, SMP lainnya adalah SMPN 2 Padang, SMPN 8 Padang, SMPN 11 Padang, SMPN 12 Padang, dan SMPN 31 Padang. (*)