Kemenag: 261 Calon Haji Dharmasraya Lunasi BPIH

id Haji

Kemenag: 261 Calon Haji Dharmasraya Lunasi BPIH

Ilustrasi - Haji. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyatakan sebanyak 261 calon haji asal daerah ini telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama sehingga dipastikan dapat diberangkatkan pada 2017.

"Para calon haji yang telah melunasi tersebut di luar jamaah cadangan, uzur dan, pendamping," kata Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kemenag Dharmasraya, Suhardi di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan terkait berapa jumlah jatah jamaah cadangan, lansia, dan pendamping saat ini masih menunggu keputusan dari Kementerian Agama RI dan Kemenag Wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Diperkirakan pelunasan BPIH tahap kedua dapat dilakukan pada 22 Mei 2017, kata dia

Seluruh calon haji Dharmasraya saat ini rutin melaksanakan manasiak gabungan dan mandiri sebagai persiapan sebelum berangkat ke tanah suci.

"Terakhir para jamaah melaksanakan manasiak gabungan dengan pemateri dari Dinas Perhubungan Sumbar, selanjutnya juga akan dilakukan dengan Dinas Kesehatan Sumbar pada Rabu (17/5)," ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal berpesan agar para calon haji mulai mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin, karena sebagaimana diketahui ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat.

"Ibadah haji merupakan kesempurnaan keislaman seseorang, karena rangkaian prosesi ibadahnya pun sangat menguras energi," katanya.

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan rata-rata BPIH pada 2017 adalah Rp34.890.312 yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2017.

"Kenapa rata-rata? Karena 12 embarkasi yang tersebar di seluruh Tanah Air biasanya tidak sama satu sama lain," kata Lukman.

Dia mencontohkan Aceh yang embarkasinya menetapkan BPIH paling rendah dibandingkan daerah lainnya, sebesar Rp31.040.900, karena) paling dekat ke Arab Saudi. Sebaliknya biaya haji paling tinggi berada di embarkasi Makassar dengan besaran Rp38.972.250 karena wilayah ini paling jauh dari Mekah. (*)