Disbud Ajak Seniman Sumbar Meriahkan Taman Budaya

id Taman Budaya

Disbud Ajak Seniman Sumbar Meriahkan Taman Budaya

Gerbang Taman Budaya Sumatera Barat

Padang, (Antara Sumbar)- Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat (Sumbar), Taufik Effendi mengajak seniman daerah tersebut dan budaya lain memeriahkan Taman Budaya yang dinilai sebaagai rumah gadang bagi para budayawan

"Kita di Sumbar sudah memiliki Taman Budaya, jadi mari fasilitas ini dimanfaatkan untuk kepentingan seni dan budaya," katanya saat di konfirmasi, Minggu.

Ia mengatakan seluruh tempat yang ada bisa dimanfaatkan, serta seluruh seniman dan budayawan yang ada di Sumbar bisa berkegiatan.

Menurutnya untuk berkesenian tidak harus menunggu APBD terlebih dahulu untuk membuat program, akan tetapi bagaimana memanfaatkan fasilitas yang sudah ada.

"Nantinya tinggal lagi bagaimana meningkatkan seluruh aktifitas kesenian dan kebudayaan di Taman Budaya ini," kata dia.

Ia menambahkan lebih lanjut perlu juga dihubungkan antara para seniman dengan pihak Taman Budaya serta para apresiator kesenian.

Menurut dia hal ini merupakan salah satu alasan adanya Dinas Kebudayan, yakni mengurus masalah kebudayaan dan segala hal yang berkaitan dengannya.

"Untuk menjadikan Taman Budaya sebagai rumah gadang para seniman maka kita berupaya untuk memberikan mereka ruang dan fasilitas untuk berkesenian," katanya.

Sementara itu salah seorang seniman Sumbar, Rizal Tanjung mengatakan selain berstatus sebagai UPTD dari Dinas Kebudayaan, Taman Budaya merupakan tempat berkumpulnya para seniman dan budayawan.

Ia mengatakan dalam upaya menfasilitasi para seniman dan budayawan tentu pihak Disbud harus memberikan ruang dalam memanfaatkan fasilitas yang ada.

"Saya sangat setuju kalau taman budaya adalah rumah gadang bagi para seniman dan budayawan, oleh sebab itu hendaknya fasilitas yang dapat sama-sama dimanfaatkan dengan cuma-cuma atau dengan aturan main yang telah di sepakati antara pelaku seni dan Taman Budaya," katanya. (*)