Padang Buka Empat Jalan Baru Perkuat Transportasi

id Jalan

Padang Buka Empat Jalan Baru Perkuat Transportasi

Ilustrasi jalan (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pembukaan jalan baru pada empat lokasi untuk kebutuhan perluasan kota itu sekaligus memperkuat sarana transportasi.

Keempat lokasi tersebut yakni, Pasar Lalang 4,8 kilometer, Sungkai 3,5 kilometer, Koto Lua Limo Manis 500 meter, dan Mudiak Aia 1,8 kilometer.

"Dua diantaranya yaitu, di Pasar Lalang dan Sungkai saat ini dalam proses pematangan lahan," kata kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Padang, Hendri Zulviton di Padang, Minggu.

Ia melanjutkan sedangkan untuk Koto Lua Limo Manis dan Mudiak Aia masih dalam perencanaan.

Ia menjelaskan nantinya dalam proses pengerjaan pembukaan jalan baru ini ada beberapa tahap yakni pematangan lahan, pengerasan, dan yang terakhir melakukan pengaspalan.

Dan pengerjaan jalan ini bisa menghabiskan waktu sekitar empat hingga lima bulan, tambahnya.

"Dari empat lokasi ini, jalan yang dibangun berjenis jalan lokal, yang mana gunanya untuk menghubungkan antara kecamatan satu dengan kecamatan lainnya," katanya.

Ia mengatakan penambahan jalan baru ini merupakan permintaan masyarakat sekitar yang menginginkan adanya jalan baru untuk mempermudah akses pertanian mereka.

"Jadi selain untuk perluasan kota, jalan ini juga berfungsi mempermudah akses pertanian masyarakat sekitar," katanya.

Ia mengimbau untuk masyarakat lainnya yang ingin pembukaan jalan baru bisa mengajukan permohonan kepada pihaknya dengan membawa surat tanah pada lokasi yang akan dibangun.

"Tentunya permohonan tersebut merupakan keputusan bersama, dan selanjutnya akan kami proses untuk pengajuan anggaran pembangunan jalan itu," katanya. (*)