Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Pemkab Luncurkan Peta Wisata Padangpariaman

Seorang wisatawan sedang melihat peta wisata yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Padangpariman, Sumatera Barat, Minggu (7/5). Peta wisata itu diluncurkan untuk mempermudah wisatawan dalam mencari dan menentukan destinasi wisata di Padangpariaman. (Antara Sumbar / Aadiaat M. S)
Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman, Sumatera Barat meluncurkan peta wisata di daerah itu guna mempermudah wisatawan mencari dan menentukan destinasi wisata.

"Ada 83 objek wisata yang baru terdata dan beberapa di antaranya kita rekomendasikan kepada wisatawan melalui peta wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padangpariaman, John Kenedi di Parit Malintang, Minggu.

Ia mengatakan dari pendataan tersebut pihaknya menemukan di setiap kecamantan memiliki destinasi wisata paling sedikit dua objek wisata dan daftarkan di peta wisata tersebut.

Ada dua jenis peta wisata yang diluncurkan Pemkab Padangpariaman. Jenis pertama dalam bentuk cetakan kertas tahan air dan minyak.

Sedangkan jenis kedua yaitu berupa foto yang dapat diunduh di media sosial Facebook Disparpora Padangpariaman dengan akun "Pariwisata Padang Pariaman (Natural Beauty)".

"Untuk sementara wisatawan bisa mendapatkan foto peta wisata dengan mengakses di media sosial menunggu situs web selesai," katanya.

Ada lima kategori yang ditawarkan pada peta wisata itu yaitu destinasi wisata, lokasi kegiatan budaya dan olahraga, wisata kuliner, penginapan, dan rumah makan.

Pada destinasi wisata terbagi atas sembilan kecamatan. Pertama di Kecamatan Lubuk Alung memiliki sembilan destinasi wisata yaitu Air Terjun Nyarai, Air Terjun Belek, Air Terjun Babang, Air Terjun Pelangi, Tapian Puti, Gua Ngalau Aie Ilang, Bendungan Anai, Puncak Panorama Gamaran, dan Surau Ampek Lingkuang.

Lalu dilanjutkan di Kecamatan Batang Anai memiliki lima destinasi wisata yaitu Air Terjun Sarasah, Pantai Karambie Ampek, Muaro Anai, Lubuak Jambu, dan Rumah Pohon Kali Manang.

Setelah itu, Kecamatan Ulakan Tapakis memiliki tiga destinasi wisata yaitu Pantai Tiram, Makan Syech Burhanuddin, dan Masjid Agung Syech Burhanuddin.

Di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam memiliki tiga destinasi wisata yaitu Lubuak Bonta, Puncak Anai, dan Tirta Alami. Lalu Kecamatan Patamuan memiliki tiga destinasi wisata yaitu Air Terjun Buburay Sipisang, Lasuang Tuo, dan Makam Ulama Tuo.

Lalu Kecamatan V Koto Kampung Dalam memiliki dua destinasi wisata yaitu Air Terjun Baburay dan Air Terjun Langkuik. Di Kecamatan Sungai Geringging memiliki tiga destinasi wisata yaitu Air Terjun Batu Basurek, Rumah Pohon Batu Basurek, dan Montain View.

Selanjutnya, Kecamatan Sungai Limau memiliki empat destinasi wisata yaitu Pantai Artha Indah, Pantai Artha, Pantai Argha, dan Pantai Baselona. Di Kecamatan Batang Gasan memiliki dua detinasi wisata yaitu Pantai Gasan dan Penakaran Penyu.

Kepala Bidang Promosi dan Ekonomi Kreatif Disparpora Padangpariaman, Ade Novalia mengatakan setelah situs web selesai maka di situs tersebut akan diberikan keterangan secara rinci dari lima kategori pada peta wisata tersebut.

Ia berharap dengan adanya peta wisata tersebut maka dapat membantu wisatawan untuk berwisata di Padangpariaman. (*)




Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga