BPJS Kesehatan Bentuk Kader Bantu Pelayanan

id BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Bentuk Kader Bantu Pelayanan

( )

Solok, (Antara Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Solok membentuk kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk membantu masyarakat dalam pelayanan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Ardiansyah di Solok, Sabtu, mengatakan pada 2019 target pihaknya akan mewujudkan cita-cita "universal health coverage". Untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS melaksanakan perekrutan kader JKN KIS.

Kader JKN KIS adalah orang-orang yang menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk menjalankan sejumlah fungsi BPJS Kesehatan, seperti pengumpul iuran dan fungsi pemasaran, fungsi kepesertaan, pemberi informasi, dan menerima keluhan.

Keberadaan Kader JKN KIS diharapkan mampu mendorong masyarakat mendaftar menjadi peserta dan membayar iuran secara tepat waktu.

"BPJS telah merekrut sembilan orang terpilih untuk menjadi kader JKN KIS di wilayah kerja Solok. ke 9 orang ini nantinya akan menjadi perpanjangan tangan BPJS yang langsung terjun ke masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya para kader JKN KIS telah diberi pembekalan di kantor BPJS Kesehatan Solok. Dengan adanya pembekalan sehingga para kader yang akan bertugas berkualitas dan memahami tugas dan fungsinya.

"Pelepasan kader dilakukan pada tanggal 4 Mei 2017," ujarnya.

Ia mengatakan kader akan diberikan tanda pengenal, sehingga masyarakat dapat mengenali dengan mudah. Kader akan bertugas hingga Desember 2017.

"Kami harapkan kesembilan kader dapat memahami dan melaksanakan tugas dengan baik serta menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme. Dengan kader berkualitas, iuran lancar dan BPJS Kesehatan siap menuju cakupan semesta 2019," ujarnya. (*)