Solok Maksimalkan Pustaka Keliling Tingkatkan Minat Baca

id pustaka

Solok Maksimalkan Pustaka Keliling Tingkatkan Minat Baca

Ilustrasi. (Antara)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan memaksimalkan penggunaan mobil pustaka keliling guna meningkatkan minat baca masyarakat di daerah tersebut yang dinilai masih rendah.

"Kami berusaha meningkatkan minat baca dengan langsung jemput bola, dengan mengantar buku-buku melalui bus pustaka keliling," Kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Zulfadli di Arosuka, Sabtu.

Ia menyebutkan salah satu upaya memaksimalkan program pustaka keliling dengan membuat program lebih kreatif dan inovatif.

Sebagai langkah awal mobil pustaka keliling akan beroperasi setiap minggu ke sekolah-sekolah dan nagari-nagari di Solok.

"Guna mengoptimalkannya, kami berupaya mendapatkan satu lagi mobil pustaka dari pusat. Karena kita hanya punya satu mobil untuk daerah seluas kabupaten," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan minat baca pustaka akan bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan sekolah-sekolah. Adanya sosialisasi ke pelajar untuk sering membaca di fasilitas tersebut.

Salah satunya akan mengadakan pelatihan dengan dinas Koperasi, Usaha kecil dan menengah seperti pelatihan menjahit atau membuat kue di pustaka, kemudian akan disediakan buku untuk menunjangnya

Pustaka juga mengadakan kerja sama dengan PT.Coca Cola yang akan memberikan pelatihan untuk pustaka nagari dan memberikan tiga komputer untuk dua Nagari yaitu Gantung Ciri dan Sulit Air.

Ia menyebutkan saat ini buku yang ada masih kurang, baru sekitar 7.000 buku dengan 1.700 judul. Buku tersebut bersumber dari Pusat, Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD), dan sumbangan masyarakat.

Untuk pengadaan buku, agar buku yang dibeli sesuai kebutuhan masyarakat, pustaka mengedarkan kuisioner kepada pelajar dan masyarakat di beberapa nagari.

Secara umum, jumlah pengunjung ke perpustakaan juga meningkat. Jumlah pengunjung tahun 2015 sebanyak 6.195 orang meningkat menjadi 9.235 orang pada 2016 dengan dominasi 4.475 pelajar.

Pada tahun 2017, hingga maret tercatat sudah 2.163 pengunjung ke perpustakaan Solok. (*)