Pemkab Kerahkan Mobil Pustaka Tingkatkan Minat Baca

id Mobil Pustaka, Minat Baca, Tanah Datar

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, mengerahkan mobil pustaka keliling untuk meningkatkan minat baca bagi siswa SD di daerah tersebut.

"Aktifitas mobil pustaka keliling ini diharapkan mampu mendorong minat baca siswa," kata Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Datar, Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi saat sosialisasi program minat baca di SD Negeri 06/11 Kampung Baru Batusangkar, Kamis.

Di hadapan puluhan siswa SD, Emi menyampaikan bahwa mereka hanya mampu bersaing di era globalisasi ini dengan memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus diawali dengan pandai dan mau membaca.

"Untuk menumbuhkembangkan minat baca, kita perlu memperbaharui buku bacaan yang tersedia di pustaka, sehingga siswa tidak bosan ketika ingin membaca buku yang bervariasi," katanya.

Ia juga mengimbau kepada majelis guru dan pihak sekolah agar mampu memanfaatkan program mobil pustaka keliling yang digelar Dinas Pustaka dan Arsip ini.

"Program ini hendaknya dapat dimanfaatkan pihak sekolah dengan baik, jalin komunikasi dengan dinas terkait untuk mencari referensi buku yang berkualitas," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pustaka dan Arsip Tanah Datar, Marwan mengatakan kegiatan sosialisasi melalui pustaka keliling ini untuk motivasi minat baca murid SD.

"Kita telah melaksanakan pustaka keliling ini di beberapa sekolah secara rutin, dengan harapan agar minat belajar membaca anak-anak semakin bagus," katanya.

Ia menyebutkan pihaknya secara bertahap terus meningkatkan pelayanan dan kelengkapan variasi buku, terutama di Perpustakaan Tanah Datar guna mendukung peningkatan minat baca terutama untuk siswa SD.

"Tahun ini kita akan lengkapi ketersediaan buku, kemudian membuat program buku masuk rumah, dimana akan mengunjungi rumah masyarakat untuk dipinjamkan buku," katanya.

Kepala SD 06 Kampung Baru, Mushardi menyampaikan terima kasih kepada dinas terkait yang telah melaksanakan kegiatan pustaka keliling ini.

"Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena memang membantu sekali untuk peningkatan minat baca siswa dan berharap kelengkapan koleksi buku diperbanyak, sehingga siswa mempunyai pilihan buku yang akan dibacanya," katanya. (*)