Pasaman Barat Periksa Kesehatan Calon Haji 2017

id Calon Haji, Pasaman Barat

Pasaman Barat Periksa Kesehatan Calon Haji 2017

(ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Kesehatan melakukan pengukuran kebugaran dan kesehatan calon haji 2017, Kamis.

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan kebugaran jasmani sangat penting untuk menjaga kondisi prima jamaah haji saat melakukan ibadah haji nantinya.

Menurutnya, selama ini puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik, laboratorium dan melakukan pembinaan untuk mengatasi penyakit yang diderita calon haji. Namun belum disertai dengan pembinaan untuk meningkatkan kebugaran jasmani secara optimal.

"Pengukuran kesehatan adalah upaya pembinaan holistik yang dilakukan pada calon haji sejak ia mendaftar sampai kembali lagi ke Tanah Air," katanya.

Ia menyebutkan pemeriksaan kebugaran jasmani sangat penting dilakukan untuk mengetahui daya tahan jantung dan paru-paru. Selain itu untuk kekuatan dan daya tahan otot calon haji dengan menggunakan metode berjalan sepanjang 1,6 kilometer dengan menggunakan catatan waktu.

"Semoga dari hasil pengukuran ini, kita bersama dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran calon haji sebelum berangkat ke Tanah Suci," ujarnya.

Ia berharap kepada calon haji asal Pasaman Barat agar senantiasa menjaga kondisi kesehatan dan pola makan selama berada di Tanah Suci nantinya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan pemeriksaan, Budi Sujono menyampaikan bahwa materi dari kegiatan tersebut adalah pelaksanaan pengukuran tes kebugaran terhadap 260 calon haji asal Pasaman Barat. Penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan gula darah serta kolesterol yang beresiko berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.

"Khusus tahun 2017, Dinas Kesehatan Pasaman Barat melakukan kerjasama dengan Kementrian Agama Pasaman Barat untuk pertama kalinya dalam melakukan pengukuran kebugaran jasmani secara serentak," katanya. (*)