Tingkat Kelulusan Siswa SMA Solok Hampir 100 persen

id Kelulusan, SLTA, Solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - Tingkat kelulusan siswa SMA se-kabupaten Solok, Sumatera Barat, mencapai hampir 100 persen dari 21 SMA, kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, Irsyad.

"Ada 17 SMA yang siswanya lulus 100 persen, dan selebihnya mencapai 90 persen lebih," katanya di Arosuka, Kamis.

Ia menyebutkan 17 SMA yang lulus 100 persen adalah SMAN 1 X Koto Singkarak, SMAN 1 Gunung Talang, SMAN 1 Lembah Gumanti, SMAN 1 Bukit Sundi, SMAN 1 Kubung, SMAN 1 Lembang Jaya, SMAN 1 X Koto Diatas, SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi.

Lalu SMAN 1 Payung Sekaki, SMAN 1 Danau Kembar, SMAN 1 Pantai Cermin, SMAN 2 X Koto Singkarak, SMAN 1 Hiliran Gumanti, SMAN 2 Gunung Talang, SMAN 2 Hiliran Gumanti, SMAN 2 Sumatera Barat, SMA Plus Talang.

Sedangkan SMAN 1 Junjung Sirih persentasenya 99,32 persen dengan 1 orang siswa tidak lulus, SMAN 2 Lembang Jaya mencapai 98,31 persen dengan 1 orang siswa tidak lulus, SMAN 1 Tigo Lurah mencapai 94,4 persen dengan 1 orang tidak lulus, dan SMA PP Terpadu Dr.Muhammad Nasir 94,2 persen dengan 3 orang siswa tidak lulus.

"Siswa yang lulus mencapai 2.177 orang dan yang tidak lulus 6 orang," katanya.

Ia menjelaskan siswa yang tidak lulus tersebut disebabkan karena yang bersangkutan tidak ikut dalam ujian sekolah dan ujian nasional atau sudah Drop Out (DO) namun tetap terdaftar sebagai peserta ujian.

"Jadi, kalau dihitung persentase yang lulus dari peserta yang ikut ujian sekolah dan nasional, maka angka kelulusan bisa 100 persen," katanya.

Sebagian Sekolah mengumumkan kelulusan melalui website sekolah, seperti SMAN 2 Sumbar, SMAN 1 Gunung Talang, dan SMAN 1 Kubung. Selain itu, ada yang diantar langsung ke rumah siswa seperti SMAN 1 Junjung Sirih.

"Hal tersebut dilakukan untuk menghindari siswa yang akan mencoret-coret baju di sekolah setelah usai pengumuman kelulusan," ujarnya. (*)