Wako Padang : Perlu Pembinaan Khusus Perilaku "LGBT"

id Wali kota Padang

Wako Padang : Perlu Pembinaan Khusus Perilaku "LGBT"

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah (Antara) (.)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan perlu pembinaan khusus terhadap masyarakat berperilaku menyimpang seperti lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT).

"LGBT ini terkait mental maka pembinaan yang mengarah ke situ harus dilakukan dengan merancang sistem pendidikan untuk perbaikan perilaku tersebut," ujarnya di Padang, Kamis, menanggapi isu tidak bolehnya pelaku LGBT masuk ke Universitas Andalas.

Dia menyebutkan meski perilaku tersebut meresahkan masyarakat, namun untuk menghapuskannya harus dengan cara berperikemanusiaan seperti melalui pendidikan.

Hal ini dilakukan agar tidak bertentangan dengan nilai Hak Asasi Manusia.

Ke depan, tambahnya pihaknya akan membuatkan sarana pendidikan khusus dan guru khusus untuk memperbaiki mental dan perilaku seseorang yang menyimpang tersebut.

Semacam psikolog namun akan lebih sebagai pendamping untuk mengeluarkan dari pemikiran buruk tersebut.

"Kami membuka penerimaan laporan bila ada ditemukan LGBT di lingkungan warga, dan akan ditindaklanjuti dengan pemberian pendidikan tersebut," ujarnya.

Dalam pendidikan khusus tersebut nantinya akan diberikan materi tentang masalah mental dan sosial.

"Seperti pendidikan dalam rehabilitasi, namun ini lebih ramah," kata dia.

Sementara itu salah satu warga di Padang, Tiara menyebutkan LGBT itu lebih pada persoalan pribadi namun saat ini menjadi masalah umum karena terbentuk komunitasnya di luar negeri.

Untuk itu kata dia hal yang utama dilakukan yakni mengidentifikasi kemungkinan adanya komunitas perilaku menyimpang tersebut.

Setelah itu, pendidikan untuk mengatasi hal tersebut dapat dilaksanakan dengan mudah. (*)