UNBK SMP Padangpariaman Terkendala Listrik Padam

id UNBK, Padangpariaman, Lsitrik, Padam

UNBK SMP Padangpariaman Terkendala Listrik Padam

Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) keluar dari labor komputer Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sintuak Toboh Gadang usai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Rabu (3/5). Pelaksanaan UNBK SMP di daerah sempat terkendala di dua sekolah penyelenggara UNBK karena listrik padam. (Antara Sumbar / Aadiaat M. S.)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat sempat terkendala karena listrik padam pada Selasa kemarin.

"Untuk hari ini memang tidak ada kendala namun kemarin ada dua sekolah penyelenggara yang ujiannya terganggu oleh listrik padam," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padangpariaman, Yunendri Eka di Sintuak Toboh Gadang, Rabu.

Ia menyebutkan dua sekolah penyelenggara itu yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sintuak Toboh Gadang yang mana SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Sintuak Toboh Gadang menumpang ujian di sana.

Sedangkan sekolah penyelenggara UNBK satu lagi yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lubuk Alung yang mana SMPN 1 Lubuk Alung menumpang di sekolah itu untuk melaksanakan ujian.

Ia mengatakan di SMKN 1 Sintuak Toboh Gadang listrik padam terjadi selama 30 menit pada sesi ujian ke dua sedangkan SMAN 1 Lubuk Alung terjadi selama 10 menit pada sesi ujian ketiga.

"Akibat listrik padam tersebut membuat siswa menunggu karena tidak tersedianya genset di ke dua sekolah itu," katanya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana UNBK dari SMP Negeri 1 Sintuak Toboh Gadang, Nofrita Yenti mengatakan meski listrik padam namun tidak mempengaruhi siswa dalam melaksanakan ujian.

"Apabila listrik padam maka server pun menghentikan durasi ujian sampai siswa memulai ujian kembali," ujarnya.

Namun jadwal ujian pun diperpanjang guna mengganti waktu yang telah terpakai karena listrik padam.

"Tetapi tidak mempengaruhi jadwal ujian berikutnya karena rentang waktu antar durasi yang jauh," kata dia.

Jumlah peserta UNBK SMP di daerah itu pada 2017 sebanyak 843 siswa sedangkan peserta Ujian Nasional Pensil dan Kertas sebanyak 5.039 siswa.

Adapun sekolah yang bisa menyelenggarakan UNBK yaitu SMP Negeri 1 Sintuak Toboh Gadang dengan 186 siswa dan SMP Negeri 2 Sintuak Toboh Gadang dengan 112 siswa yang menumpang ke SMKN 1 Sintuak Toboh Gadang.

Sedangkan SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung dengan 267 siswa menumpang ke SMA Negeri 1 2X11 Enam Lingkung. Lalu SMP Negeri 1 Lubuk Alung dengan 278 siswa menumpang ke SMA Negeri 1 Lubuk Alung. (*)