Hanya Satu SMP di Bukittinggi Laksanakan UNBK Mandiri

id UNBK, SMP, Bukittinggi

Hanya Satu SMP di Bukittinggi Laksanakan UNBK Mandiri

Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Sebanyak 2.864 murid sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada hari pertama.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Almisri di Bukittinggi, Selasa, mengatakan pelaksanaan ujian berjalan lancar dan tepat waktu.

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK SMP di daerah itu dilaksanakan di 13 sekolah menengah atas (SMA) karena terbatasan sarana komputer.

"Dari 17 SMP, hanya satu SMP yang melaksanakan ujian secara mandiri yakni SMP PSM karena ketersediaan komputer sudah memenuhi persayaratan untuk penyelenggaraan UNBK," kata dia.

Ia menerangkan ujian dilaksanakan dalam tiga sesi mulai pukul 7.30 hingga 9.30 WIB, 10.30 sampai 12.30 WIB dan 14.00 sampai 16.00 WIB.

"Ujian nasional ini tidak menjadi penentu kelulusan murid karena nanti juga melihat ketuntasan belajar sejak semester pertama," kata dia.

Pelaksanaan UNBK untuk pertama kali di daerah itu diharapkan dapat diikuti siswa dengan baik dan mencapai target integritas karena kecil kemungkinan terjadi siswa menyontek atau soal bocor.

Sementara di hari pertama pihaknya menerima laporan satu orang murid berhalangan hadir karena sakit dan akan mengikuti ujian susulan.

"Ujian susulan dijadwalkan pada 22 dan 23 Mei 2017. Murid yang berhalangan hadir karena sakit kami harapkan kondisinya segera pulih agar dapat mempersiapkan diri untuk ujian susulan," katanya. (*)