Pemkab Ajak Masyarakat Terlibat Pendidikan Karakter

id Pendidikan, Karakter, Tanah datar

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat langsung dalam mewujudkan pendidikan berkarakter bagi generasi muda.

"Dalam mewujudkan pendidikan berkarakter tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata, tapi harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat," kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma saat peringatan Hari Pendidikan di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan dalam gerakan pendidikan berkarakter ini masyarakat harus merasa memiliki, sementara pemerintah daerah hanya bersifat memfasilitasi.

Ia menyebutkan tema hari pendidikan saat ini adalah pendidikan dan kebudayaan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila.

"Pendidikan berkarakter mampu mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kreatif," katanya.

Sementara Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra menyampaikan pendidikan berkarakter memang sudah menjadi tujuan dari pendidikan saat ini dan sejalan dengan misi pemerintah daerah untuk melakukan revolusi mental.

Ia menyebutkan untuk menghadapi era globalisasi saat ini penguatan pendidikan yang berkarakter cukup penting dalam membentengi siswa terhadap perbuatan negatif seperti penyalahgunaan Narkoba dan tindakan asusila.

"Pendidikan berkarakter di sekolah dengan pemahaman nilai-nilai agama akan menjadi benteng menghadapi serangan negatif tersebut," tambahnya.

Menurutnya, dengan pemberian materi keagamaan dan membiasakan sikap positif setiap hari kepada pelajar dan generasi muda akan menjauhkan mereka dari perbuatan negatif. (*)