Kamis, 17 Agustus 2017 - 25 Zulqaidah 1438 H

Harimau Sumatera di TMSBK Bertambah

Ilustrasi - Dara Jingga nama Harimau Sumatera (PantheraTrigris Sumatrae), menyusui dua anaknya yang terlihat dari pantauan Cctv, di Taman Marga Satwa Budaya Kinantan, Bukittinggi, Sumbar, Selasa (23/9/2014). (ANTARA FOTO/ Muhammad Arif Pribadi)
Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Salah satu Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) koleksi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), kembali melahirkan tiga ekor anak.

"Kami mendapat laporan dari petugas penjaga satwa bahwa ada kelahiran Harimau Sumatera lagi pada Selasa (2/5) diperkirakan di waktu subuh," kata Kepala Bidang TMSBK Bukittinggi, Ikbal dikonfirmasi dari Bukittinggi, Selasa.

Ia menyebutkan kelahiran itu berasal dari induk betina bernama Dara Jingga dan induk jantan bernama Bancah.

Kehamilan Dara Jingga sebelumnya telah diketahui pihak TMSBK sejak tiga bulan yang lalu dan sudah diperkirakan akan melahirkan pada Mei 2017.

"Perkiraan kami dengan masa kehamilan 90 sampai 100 hari satwa itu akan melahirkan pada pertengahan Mei 2017 namun ternyata lebih cepat," kata dia.

Untuk menjaga kenyamanan satwa yang baru melahirkan itu, pada Selasa(2/5) siang untuk sementara waktu petugas TMSBK membatasi pengunjung lewat di depan kandang Dara Jingga agar tidak terganggu.

"Perawatan bagi anak satwa yang baru lahir akan dilakukan sealami mungkin. Mereka akan sepenuhnya berada bersama induknya," kata dia.

Sebelumnya pada November 2016, juga terjadi kelahiran tiga ekor Harimau Sumatera di TMSBK dari induk betina bernama Sean dengan induk jantan yang sama yakni Bancah.

"Adanya kelahiran ini merupakan bentuk tugas dari lembaga konservasi untuk menjaga, merawat dan mengembangbiakkan hewan apalagi Harimau Sumatera adalah satwa yang dilindungi dan hampir punah," kata dia. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Syahrul Rahmat
          Agam, (Antara Sumbar) - Dari kejauhan, dentingan logam terdengar sayup-sayup memecah ...
Baca Juga