PLN-Transmart Sepakati Penyaluran Listrik 3.465 kVA

id PLN sumbar

PLN-Transmart Sepakati Penyaluran Listrik 3.465 kVA

Pembangunan Transmart Padang di Jalan Khatib Sulaiman.(Iggoy el Fitra). (c)

Padang, (antarasumbar) PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat dengan PT Trans Ritel Properti (Transmart) menyepakati untuk penyaluran tenaga listrik tegangan 3.465 kVA guna mendukung operasional perusahaan yang akan dibuka pada 19 Mei 2017.

PLN akan menyediakan layanan khusus premium gold dalam memenuhi kebutuhan listrik operasional perusahaan, yang suplai listrik akan disalurkan melalui jaringan transmisi tegangan tinggi 20 kV feeder/penyulang Khatib Sulaiman

PT Trans Ritel Properti telah menjadi pelanggan PLN dengan tarif L B3 3.465 kVA, sebagaimana yang tertera dalam Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara kedua belah pihak.

SPJBTL tersebut ditandatangani oleh Manager Area PLN Area Padang, Jhonni Putra dan Direktur Utama PT Trans Ritel Properti, Wibowo Imam Sumatri pada 20 April lalu.

Menurut Jhonni, layanan khusus premium gold PLN merupakan layanan khusus yang memberikan jaminan kepada pelanggan terkait jaminan jaringan maupun jaminan bebas dari gangguan padam.

Sehingga bila sewaktu-waktu terjadi gangguan disatu penyulang, maka penyulang lain akan meng-cover kebutuhan listrik pelanggan tersebut.

"Semua pelanggan dapat mengajukan untuk mendapatkan layanan khusus premium, tetapi yang mengajukan layanan premium itu rata-rata yang punya kebutuhan daya listrik cukup besar," ujarnya.

Memang perlu kesepakatan khusus antara kedua belah pihak, karena tarif yang diberlakukanpun berbeda dari tarif kepada pelanggan pada umumnya.

Perusahaan ritel sekelas Transmart tentu membutuhkan pasokan daya yang lebih besar dari pelanggan biasa, tutur Jhonni.

Untuk tarif sendiri PT Trans Ritel Properti dikenakan biaya LWBP : Rp. 1.035,78, WBP : Rp. 1.553,67, dan KVArh : Rp. 1.114,74.

Jhonni menambahkan, kesepakatan ini juga merupakan bentuk dukungan PLN terhadap pertumbuhan investasi dan perekonomian daerah Sumatera Barat.

Kepastian pasokan listrik yang handal tentu sangat berpengaruh kepada operasional sebuah perusahaan. Bila listrik suatu daerah sudah aman, maka para pengusaha akan merasa aman untuk berinvestasi di daerah tersebut.

Adanya kesepakatan jual beli tenaga listrik antara PLN dengan PT Trans Ritel Properti menunjukkan bahwa para pelaku bisnis telah menaruh kepercayaan yang begitu tinggi pada kemampuan PLN untuk menyalurkan tenaga listrik bagi kegiatan usaha.

Oleh karenanya PLN akan berkerja keras agar tidak mengecewakan pelanggan serta memberikan pelayanan dengan tingkat mutu layanan terbaik. Selain itu, PLN juga berharap agar Perusahaan ini dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal dan meningkatkan pendapatan ekonomi daerah.***