Kamis, 17 Agustus 2017 - 25 Zulqaidah 1438 H

200 SMP/Mts Akan Ikuti UNBK Di Sumbar

Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 200 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (Mts) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dimulai pada 2 Mei 2017.

"Dari 200 SMP/Mts itu terdiri dari 157 SMP/Mts negeri dan 43 swasta dengan jumlah peserta 23.024 siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman Bur di Padang, Minggu.

Sedangkan pelaksanaan ujian dengan menggunakan kertas akan diikuti sebanyak 1.040 sekolah dengan 62.476 siswa yang terdiri dari 29.942 siswa laki-laki dan 32.534 perempuan.

Terkait sarana dan prasarana UNBK, Ia mengatakan, telah melakukan pengecekan sebelumnya, sehingga setiap sekolah telah siap dalam pelaksanaannya.

"Dengan pihak PLN maupun Telkom telah dilakukan koordinasi, dalam mendukung pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMP ini," katanya.

Burhasman mengatakan, meskipun belum mencapai setengah dari jumlah SMP/Mts di provinsi itu yang melaksanakan UNBK, ia berharap untuk tahun depan dapat lebih banyak lagi sekolah yang mengikutinya.

Ia berharap pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan lancar, tanpa adanya kendala apapun, seperti listrik dan jaringan internet, sehingga siswa dapat mengikuti ujian dengan maksimal.

Sementara, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sumbar mengatakan pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem UNBK dapat meminimalkan kecurangan selama pelaksanaan ujian.

"Dengan adanya UNBK kecurangan-kecurangan yang selama ini dikhawatirkan dapat diminimalisasi atau bahkan tidak terjadi," kata Ketua PGRI Sumbar Zainal Akil.

UNBK, katanya dapat menjadi bahan evaluasi untuk ke depan, dari hasilnya dapat dilihat, sejauh mana kemampuan peserta didik maupun guru yang berperan sebagai pendidik.

Sebelumnya, pelaksanaan UN untuk tingkat SMK telah dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017 dan SMA pada tanggal 10 hingga 13 April 2017.

Sedangkan, untuk tingkat SLTP, gelombang pertama pada 2, 3, 4 dan 15 Mei, dan gelombang dua 8, 9, 10 dan 16 Mei 2017. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Syahrul Rahmat
          Agam, (Antara Sumbar) - Dari kejauhan, dentingan logam terdengar sayup-sayup memecah ...
Baca Juga