Indonesia Negara Kesembilan Penerima Obor SEA Games

id Sea games

Indonesia Negara Kesembilan Penerima Obor SEA Games

ANGGAR SEA GAMES ()

Jakarta, (Antara Sumbar) - Indonesia menjadi negara kesembilan yang menerima obor (baton) SEA Games dan ASEAN Para Games 2017, dengan serah terima antara pemerintah Malaysia dengan Indonesia dilakukan di Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Minggu.

Dalam serah terima tersebut, pemerintah Indonesia diwakili oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta. Selanjutnya obor tersebut diserahkan ke mantan pebulutangkis nasional, Luluk Hadiyanto, dan mantan atlet lari, Suryo Agung.

Proses serah terima obor yang dilakukan di halaman Kemenpora itu, berlangsung cukup meraih karena diiringi salah satu musik khas Indonesia, yaitu calung. Alunan musik bambu tersebut, mengiringi pelepasan dari Kemenpora hingga kawasan Gelora Bung Karno Jakarta.

"Indonesia menjadi negara kesembilan yang menerima obor SEA Games dan ASEAN Para Games 2017. Kegiatan ini adalah bentuk nyata dari semangat persaudaraan ASEAN," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta usai melepas obor.

Tidak hanya dua mantan atlet nasional yang mengawal obor SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 Malaysia, namun juga diikuti beberapa atlet binaan Kemenpora hingga atlet difabel yang bakal turun pada ASEAN Para Games 2017 Malaysia.

Atlet yang membawa obor serta bendera peserta SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 secara bergantian mengawal. Pergantian sendiri telah ditentukan sebelumnya. Ada beberapa titik pergantian, seperti di Jembatan Semanggi, Jalan Sudirman, Bundaran HI, Balaikota, dan finis di Museum Nasional.

Arak-arakan yang dimulai dari Kemenpora itu, juga melibatkan ratusan pesepada yang mengawal berjalannya kegiatan. Mereka berasal dari beberapa komunitas pesepeda di wilayah Jakarta.

Sebelum diarak di Jakarta, obor SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 Malaysia sudah diarak di Brunei Darussalam, Filipina, Loas, Myanmar, Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja.

"Setelah dari Indonesia, obor ini akan dibawa ke Singapura pada 13 Mei. Malaysia menjadi tujuan akhir dan obor akan diarak pada 14 Mei hingga 12 Agustus," kata Raden Isnanta menjelaskan.

Sesuai dengan jadwal, SEA Games 2017 Malaysia akan berlangsung 19-31 Agustus, sedangkan untuk ASEAN Para Games 2017 akan berlangsung di tempat yang sama pada 17-23 September. (*)