Wawako Pariaman : Bermain Musik Seimbangkan Otak Anak

id genius umar

Wawako Pariaman : Bermain Musik Seimbangkan Otak Anak

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar, mengatakan kegiatan ekstrakurikuler seperti bermain alat musik dapat menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri anak didik.

"Bermain alat musik sangat baik dan positif sekali, selain bisa berkarya dengan seni, hal tersebut sangat berguna bagi perkembangan psikomotorik anak," kata dia, di Pariaman, Sabtu, saat membuka kegiatan lomba Marching Band Festival tingkat SMP dan SMA sederajat se provinsi itu sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Ia mengatakan para siswa atau anak didik tidak hanya harus difokuskan pada pemberian materi pelajaran saja. Secara mental dan perkembangan kepribadian anak, kegiatan di luar pelajaran akademik juga dibutuhkan.

"Pendidikan tersebut harus seimbang antara akademik, dan ekstrakurikuler sehingga mental dan jati diri anak didik dapat berkembang dengan baik," ujar dia.

Bermain musik seperti Marching Band kata dia, memiliki poin positif lain seperti meningkatkan kedisiplinan dengan menghargai waktu. Bermain musik juga harus bisa menyesuaikan antara gerak dengan musik yang dimainkan untuk menampilkan yang terbaik.

Kedua dapat menjauhkan anak didik dari perbuatan negatif yang dapat merusak masa depannya. Dengan bermain musik, para anak didik memiliki kesibukan yang positif seperti mengikuti latihan dan perlombaan.

Hal positif lainnya, yaitu dapat memupuk rasa kebersamaan, baik antara teman satu sekolah maupun interaksi dengan sekolah lain.

"Bermain musik juga menciptakan hubungan silaturahmi dan interaksi sosial yang baik antara anak didik dengan yang lainnya," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, Kanderi, mengatakan, kegiatan lomba Marching Band tersebut diikuti oleh 15 tim dari sekolah perwakilan yang ada di provinsi itu.

Ia menyebutkan Kota Pariaman selama tiga tahun terakhir secara berkelanjutan terus memperingati peringatan Hardiknas dengan berbagai kegiatan pendidikan.

Diantaranya ujar dia, berbagai kegiatan yang terus dilombakan yaitu Marching Band tingkat provinsi. (*)