Pemkot Pariaman Gelar Lomba Tahfidz Al-Quran

id Hafal Quran

Pemkot Pariaman Gelar Lomba Tahfidz Al-Quran

Ilustrasi - Membaca Al Quran. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menggelar lomba Tahfidz Al-Quran satu Jus dalam rangka membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter islami di daerah itu.

"Pemerintah Kota Pariaman tidak hanya fokus berbenah pada sektor pembangunan dan pariwisata, namun juga pembentukan karakter masyarakat yang berbudi pekerti," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat membuka kegiatan lomba Tahfidz satu Jus Tilawah di Kecamatan Pariaman Timur, Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan pelaksanakan berbagai kegiatan keagamaan merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam membentuk dan mengembangkan karakter masyarakat terutama generasi muda.

Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan tersebut di antaranya Gerakan Magrib Mengaji, Gerakan Subuh Mubarakah serta berbagai lomba bernuansa islami.

"Melalui kegiatan-kegiatan itu diharapkan dapat membentuk karakter masyarakat yang berbudi pekerti serta dapat membentengi diri dari perbuatan melanggar norma," ujar dia.

Selain itu, lomba Tahfizd Al-Quran merupakan salah satu persiapan mental dan kemampuan generasi muda Kota Pariaman dalam menghadapi lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan.

"Kegiatan MTQ ke-37 tingkat provinsi direncanakan berlangsung di Kota Pariaman sehingga butuh persiapan maksimal di segala aspek terutama SDM," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Pariaman Timur, Syamsuardi, mengatakan lomba Tahfidz Al-Quran itu diikuti 80 santriwan dan santriwati Tahfidz Tilawah yang telah dilatih di Kecamatan Pariaman Timur.

"Mereka telah dilatih sejak 4 maret 2017 sehingga perlu dilakukan evaluasi dengan cara mengikuti lomba," kata dia.

Para anak didik itu, kata dia, merupakan generasi yang akan memimpin di masa mendatang sehingga perlu diajarkan sejak dini untuk menjadi Tahfidz dan Tahfidzah, Qori dan Qoriah agar terbentuk kepribadian yang berkarakter islami.

Pada MTQ ke-35 di Kabupaten Pasaman Barat, Kota Pariaman menduduki peringkat ke-19 dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Sedangkan MTQ ke-36 di Kota Sawahlunto, peringkat daerah itu naik menjadi 10. (*)