Menpan-RB : ASN Harus Jadi Perekat Nasional

id Asman Abnur

Menpan-RB : ASN Harus Jadi Perekat Nasional

Menpan-RB Asman Abnur. (Antara)

Bukittinggi,(Antara Sumbar) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI Asman Abnur mengemukakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi perekat nasional.

"Untuk mendatang, lulusan dari sekolah tinggi kedinasan akan ditempatkan di luar daerah dia berasal sehingga ini akan menjadikannya sebagai perekat nasional," katanya dalam pertemuan dengan jajaran ASN Bukittinggi,di Bukittinggi, Jumat(28/4) malam.

Di samping itu ia merencanakan melakukan rotasi penempatan seluruh pejabat eselon dua dan eselon satu ke seluruh wilayah Indonesia.

"Jadi nanti tidak ada yang namanya ini pegawai Kabupaten Agam, ini pegawai Kota Bukittinggi, dan lainnya," kata dia.

Pihaknya juga menargetkan agar ASN mampu menjadi kunci kemajuan pembangunan di daerah.

Untuk mencapai target itu, ia menilai perlu adanya "road map" kebutuhan ASN di suatu daerah agar dapat terarah sesuai dengan visi misi kepala daerah setempat.

"Bila dilihat kondisi sekarang, ASN kita didominasi oleh pegawai yang hanya ahli di bidang administrasi. Hal inilah yang harus dibenahi," kata dia.

Ia mengharapkan ke depan ASN harus betul-betul orang terpilih yang akan mengabdi untuk kemajuan daerah.

"Sesuai PP Nomor 11 Tahun 2017, pegawai itu hanya ASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Dengan ini diharapakan pegawai yang akan mengabdi itu benar-benar terseleksi dengan baik," kata dia. (*)