Selasa, 22 Agustus 2017 - 30 Zulqaidah 1438 H

BKSDA: Muara Sungai Surantih Merupakan Habitat Buaya

Buaya. (FOTO ANTARA/Septianda Perdana)
Painan, (Antara Sumbar) - Pejabat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mengatakan Muara Sungai Batang Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan merupakan habitat buaya.

"Setelah informasi adanya seekor buaya kerap menampakkan diri kami langsung menerjunkan tim dan kesimpulannya lokasi memang merupakan habitat buaya," kata Wakil Komandan BKSDA Sumatera Barat Zulmi Gusrul ketika dihubungi di Painan, Jumat.

Karena lokasi merupakan habitat buaya maka pihaknya tidak bisa melakukan penangkapan, berbeda jika buaya tersebut keluar dari habitatnya dan meresahkan baru upaya penangkapan bisa dilakukan.

BKSDA juga tidak bisa melarang upaya penangkapan yang dilakukan masyarakat menggunakan jaring karena hal tersebut merupakan keinginan masyarakat yang merasa terganggu.

"Jika upaya penangkapan membuahkan hasil kami akan mengevakuasi buaya itu ke habitatnya yang baru," kata dia.

Namun untuk memastikan keadaan dan mencegah hal yang tidak diinginkan pihaknya berencana akan turun ke lapangan pada Sabtu (29/4).

"Kami akan turun ke lapangan, seperti apa kelanjutannya kita lihat saja perkembangannya," ujarnya.

Sementara itu, pada Jumat siang masyarakat Kecamatan Sutera berupaya menangkap buaya tersebut menggunakan jaring.

"Kami menebar jaring dan menariknya menggunakan 'boat', tidak berselang terlihat seekor buaya masuk kedalamannya, namun ketika dievakuasi buaya itu lepas," kata warga yang ikut menangkap Buyung.

Ia mengatakan setelah upaya serupa dilakukan berkali-kali namun masih gagal, pihaknya dan masyarakat lainnya berencana mengulanginya kembali besok.

"Karena sudah sore dan tenaga kami juga terkuras kegiatan ini akan kami lanjutkan besok," kata dia.

Penangkapan buaya liar dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB dan mendapat perhatian dari masyarakat luas. Ratusan warga ikut menyaksikan penangkapan tersebut. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga