Rabu, 24 Mei 2017 - 28 Sya'ban 1438 H

Padang Komitmen Berantas Korupsi Secara Menyeluruh

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan komitmennya untuk memberantas korupsi di berbagai aspek baik internal maupun eksternal secara menyeluruh.

"Secara internal melalui pengawasan inspektorat, secara eksternal melalui satgas saber pungli dan penguatan pelayanan informasi teknologi," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menanggapi penandatanganan pakta integritas pemberantasan korupsi oleh pemerintah daerah beberapa waktu lalu di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan sebelum adanya penandatanganan di Bukittinggi tersebut, Padang telah menerapkan pola pemberantasan cepat korupsi.

Salah satunya melalui pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Sejauh ini, tambahnya semenjak Saber Pungli terbentuk tahun ini, praktek korupsi, kolusi dan nepotisme dapat dikurangi secara perlahan.

Selain Saber Pungli, untuk mengurangi praktek kecurangan dalam pengadaan barang dan jasa, pihaknya sudah melakukan pengadaan berbasis elektronik.

Kemudian melalui sistem surat administrasi secara elektronik, alur urusan administrasi dan laporan lebih dapat dipertanggung jawabkan.

"Pengawasan inspektorat juga ketat dalam memeriksa semua kegiatan organisasi perangkat daerah," ujar dia.

Secara komitmen, kata dia sebelum ada pemeriksaan dari luar, pihaknya menyelesaikan persoalan atau kekurangan sehingga laporan lebih akuntabel.

Pengawasan ini, ujar dia dilakukan mulai dari pusat kota hingga kelurahan.

"ke depan kami juga akan mengarahkan masyarakat untuk menjauhi praktek korupsi," katanya. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
    Pagi itu seharusnya Suril Dirman (59) bahagia karena bawang merah yang telah dipeliharanya dengan teliti selama dua ...
Baca Juga