Legislator Apresiasi Polres Sediakan Bus Sekolah

id Bus Sekolah

Legislator Apresiasi Polres Sediakan Bus Sekolah

Salah seorang anggota Polres Tanah Datar menaikkan pelajar ke bus sekolah di Batusangkar. (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Penyediaan bus sekolah gratis bagi pelajar oleh jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tanah Datar, Sumatera Barat mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan termasuk anggota DPRD setempat.

"Hal itu merupakan terobosan kreatif yang dilakukan Satuan Lalulintas Polres Tanah Datar sebagai bentuk kepedulian dan upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata anggota DPRD Tanah Datar, Eri Hendri di Batusangkar, Jumat.

Ia menyebutkan penyediaan bus sekolah itu sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan lalulintas yang cukup banyak memakan korban di kalangan pelajar.

Politisi Partai Demokrat ini mengharapkan ada bentuk kerjasama yang berkelanjutan antara Polres dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk mempertahankan program tersebut tetap terlaksana.

"Jika dibutuhkan pemerintah daerah dapat menganggarkan dana dalam APBD guna mendukung program yang dinilai mampu memberikan efek luar biasa demi menekan angka kecelakaan lalulintas," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas Polres Tanah Datar, AKP Yulandi Rusadi mengatakan penyediaan armada bus sekolah tersebut merupakan upaya Polres untuk mengajak para siswa tidak menggunakan sepeda motor ke sekolah dan beralih ke bus sekolah atau angkutan umum lainnya.

Ia menyebutkan program bus sekolah ini diharapkan menjadi solusi bagi pelajar yang kesulitan mendapatkan moda transportasi untuk berangkat ke sekolah.

"Polres bekerjasama dengan pemerintah daerah terus berupaya menyediakan bus sekolah gratis bagi pelajar ini dan mengharapkan program ini dapat mengurangi siswa membawa sepeda motor ke sekolah," katanya.

Ia menyampaikan bahwa bus sekolah ini beroperasi setiap hari, Senin sampai Sabtu, sekitar pukul 06.30 WIB dengan tiga rute yang telah ditetapkan dan mengoperasikan tiga bus sekolah yakni satu bus dan dua truk Dalmas.

Tiga rute yang dilalui bus sekolah ini yakni rute Simpang Manunggal - Dobok - Pincuran Tujuh - GOR Gumarang, kemudian Sungai Tarab - Tigo Batua - Koto Panjang - Gedung Nasional - GOR Gumarang, dan terakhir rute Nagari Gurun - Tabek Boto - Baringin - Lantai Batu - GOR Gumarang.

"Kita berharap ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut untuk memberikan kenyamanan bagi para pelajar dan dapat menekan angka kecelakaan," katanya.

Selain itu, Ia mengimbau pihak sekolah dan para orangtua agar siswa yang belum memiliki SIM (surat izin mengemudi) agar tidak diijinkan mengendarai sepeda motor ke sekolah. (*)