BNI Painan Salurkan Bantuan Keuangan BUMNAG

id BNI

BNI Painan Salurkan Bantuan Keuangan BUMNAG

BNI. (Antara Foto)

Painan, (Antara Sumbar) - Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat siap menyalurkan bantuan keuangan ke 96 Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) daerah setempat.

"Jika kedudukan Kantor Wali Nagari atau Kepala Desa Adat agak jauh dari cabang kami siap mengantarkannya menggunakan armada operasional," kata Kepala BNI Cabang Painan, Elsander A. Saibi di Painan, Jumat.

Selain itu untuk memudahkan transaksi BNI juga akan memanfaatkan agen 46 yang telah berjumlah lebih kurang 25 agen di Pesisir Selatan.

Ia melanjutkan sebagai BUMN, BNI akan maksimal berkolaborasi dengan pemerintah untuk bersama-sama menciptakan ketangguhan ekonomi masyarakat.

Khusus agen 46, pihaknya mengusulkan agar dijadikan bidang usaha pada BUMNAG karena mereka memberikan masyarakat kemudahan dalam bertransaksi keuangan, seperti pembayaran BPJS, transfer uang, pembayaran rekening listrik dan lainnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, Rusdiyanto mengatakan penunjukan BNI sebagai penyalur bantuan keuangan BUMNAG berdasarkan MoU pada 16 April 2016 antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan BNI.

"Kapasitas masyarakat dalam menata serta mengembangkan keuangan masih minim dan BNI hadir untuk membina dan juga mendampingi pengurus BUMNAG," katanya.

Terpisah, Ketua Forum Wali Nagari Kecamatan Lengayang, Aprizal mengaku kebingungan setelah diketahui BNI ditunjuk sebagai bank penyalur bantuan keuangan BUMNAG, hal tersebut karena jarak yang jauh antara kecamatan Lengayang dengan kantor Cabang BNI.

"Jika BNI berkomitmen mengantarkannya ke kantor wali nagari kami sambut baik karena jika harus menjemput bantuan puluhan juta tentu sangat berisiko," kata Aprizal. (*)