Pemkot Maksimalkan Monitoring Validasi Data Kependudukan

id Validasi, Data, Kependudukan

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang memaksimalkan kegiatan monitoring, evaluasi dalam mendapatkan data kependudukan yang valid di daerah itu.

"Ketersediaan data kependudukan juga menjadi faktor kunci keberhasilan pelaksanaan program pembangunan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Padang Panjang Maini di Padang Panjang, Jumat.

Dalam mencapai hasil yang memuaskan dalam monitoring, evaluasi, validasi data kependudukan itu, maka tenaga yang akan melaksanakannya harus diberikan pembekalan yang cukup.

"Kami sudah melaksanakan pembekalan terhadap aparatur yang ada di tingkat kecamatan beberapa waktu lalu," katanya.

Untuk mencapai hasil yang maksimal terhadap data kependudukan tersebut, maka monitoring, evaluasi, validasi data kependudukan dilakukan mulai dari tingkat terendah yaitu RT sampai nanti ke tingkat Pemerintah Daerah.

Ia juga menyampaikan, dari data terbaru hasil konsolidasi di pusat semester II tahun 2016, jumlah penduduk Padang Panjang sebanyak 52.935 jiwa, terdiri dari penduduk perempuan 26.234 Jiwa dan penduduk laki laki 26.701 Jiwa.

Sementara penduduk paling banyak berada di Kelurahan Kampung Manggis sebanyak 6.461 Jiwa yang terdiri dari 1.758 kepala keluarga.

Kelurahan yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit adalah kelurahan Koto Katiak sebanyak 988 Jiwa yang terdiri dari 288 Kepala Keluarga. (*)